Sering Bawa Motor, Tangan Jadi Kapalan? Nih Cara Mengatasinya

Editor: kairos author photo
Tangan kapalan bisa diatasi dengan berbagai cara. foto | journalsociolla

KAIROS - TANGAN jadi kapalan, akibat sering membawa sepedamotor, itu hal biasa. Kemacetan jalan raya menjadi salah satu masalah yang sering dijumpai ketika tinggal di kota-kota besar. 

Mungkin untuk menghindari macet, banyak orang yang memilih mengendarai sepedamotor sebagai solusi, padahal akibatnya tangan bisa jadi kapalan dan kulit menjadi kering (rusak) jika tidak dibungkus dengan sarung tangan. 


Akibat Tekanan Berulang pada Kulit

foto | journalsociolla

Sekadar diketahui, kapalan di kulit muncul disebabkan tekanan berulang yang terjadi pada satu titik di kulit. 

Akibatnya, lapisan kulit ekstra yang menonjol dan keras, tumbuh di area itu. 

Anda jangan tinggal diam, bisa kok merawat tangan yang kapalan itu lewat cara-cara ini.


Gunakan Pelembab

foto | journalsociolla

Merawat kulit itu wajib hukumnya, terutama jika Anda suka beraktivitas di luar ramah. Ditambah lagi bila sering mengendarai sepeda motor. Paparan sinar matahari, hembusan angin dan debu saat naik sepeda motor dapat dengan mudah menghampiri kulit. Akibatnya, kulit menjadi kering dan semakin memperburuk kondisi telapak tangan yang berpotensi kapalan. 

Penting diingat pula, penggunaan pelembab sangat dianjurkan. Baik wanita maupun pria, sebaiknya aplikasikan pelembab setidaknya dua kali dalam sehari, yaitu pagi dan malam hari agar kulit terus beregenerasi.


Pakai Sarung Tangan

foto | journalsociolla

Demi meminimalisir kapalan pada telapak tangan, Anda dapat menggunakan sarung tangan agar kulit tidak tertekan atau kontak langsung langsung dengan setir motor. Pilihlah sarung tangan yang menurut Anda nyaman ketika digunakan untuk mengendara. 

Selain menjaga kesehatan telapak tangan, penggunaan sarung tangan juga bisa melindungi kulit dari paparan sinar ultra violet. Tapi tetap ya, jangan lupa menggunakan sunscreen meski tangan sepenuhnya sudah tertutupi.


Jangan Mengupas (Mengelupas) Kulit

foto | indozone

Kulit ekstra yang menonjol dan mengeras tak jarang membuat Anda gemas, sehingga ingin sekali mengelupasnya. 

Meskipun ada godaan yang sangat besar, sebaiknya tahan hasrat itu. Pasalnya, mengelupas kulit yang kapalan sama saja memperburuk keadaan, karena hanya akan menyingkirkan masalah sementara. Kulit yang dikelupas nantinya dapat bertumbuh kembali dengan kulit yang lebih tebal dan membuatnya menjadi semakin keras.


Rendam Tangan dengan Air Hangat

foto | fimela

Alih-alih mengelupas, sebaiknya rendam telapak tangan yang kapalan di air hangat. Kulit yang mengeras perlahan akan melunak, sehingga mampu mengurangi intensitas kapalan. Selain itu, metode ini juga dapat menjaga tangan agar tetap lembut. 

Caranya, rendam tangan di dalam air hangat selama 15 hingga 30 menit setiap harinya. Untuk hasil yang lebih baik, Anda dapat menambahkan garam ke dalam air rendaman. 

Garam, bahan eksfoliasi alami yang berfungsi menghilangkan sel kulit mati. Selanjutnya, gunakan batu apung dan gosok pada bagian tangan yang kapalan secara perlahan agar kulit kembali lembut.


Gunakan Tea Tree Oil

foto | bukalapak

Selain garam, Anda juga dapat menggunakan tea tree oil sebagai bahan remedi. Tea tree oil memiliki formula anti-bakteri, anti-fungal, dan antiseptik alami yang baik untuk mengatasi permasalahan kulit, termasuk kapalan. 

Caranya, masukkan beberapa tetes tea tree oil ke dalam baskom berisi air hangat dan rendam telapak tangan sampai kulit terasa mulai lembut. 

Berbeda dengan menggunakan garam, sebaiknya jangan rendam telapak tangan lebih dari 15 menit ya, karena kandungan tea tree oil cenderung kuat dan dapat merusak lapisan kulit jika terlalu lama merendamnya.

Demikian sahabat KAIROS, mengatasi tangan kapalan, kulit yang mengeras itu. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

reporter | adm

sumber | journalsociolla

Share:
Komentar

Berita Terkini