Tak Cuma Diet, Nih Cara Lain Turunkan Berat Badan

Editor: kairos author photo
foto | femina

KAIROS - Cara turunkan berat badan jadi masalah? Jangan khwatir, karena upaya menurunkan berat badan tidak harus diet, tapi bisa dengan berbagai cara. Salah satunya dengan rutinitas pagi.

Belakangan ini, banyak orang kerap hanya terpaku pada menu diet tertentu. Berbagai program diet ditawarkan. Padahal, menu diet tertentu, tanpa diimbangi dengan aktivitas fisik, bakal membuat penurunan berat badan tidak maksimal.

Menurunkan berat badan, kombinasi antara asupan nutrisi yang tepat dan olahraga. Keduanya akan berhasil maksimal jika dijadikan sebagai rutinitas pagi.


Cara Turunkan Berat Badan

Berikut dua rutinitas pagi yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan berat badan, melansir Eat This.


Olahraga Pagi

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam International Journal of Obsesity menemukan, berolahraga di pagi hari dapat membantu menurunkan berat badan secara signifikan dibandingkan berolahraga di sore hari.

Anda tak perlu olahraga dengan intensitas tinggi. Hanya dengan menggerakkan tubuh atau beraktivitas fisik ringan dapat mengubah pola makan selama sisa hari.

Studi mempelajari sejumlah peserta yang menjalani program penurunan berat badan selama 10 bulan. Kelompok pertama berolahraga pada pukul 7 pagi, dan kelompok kedua berolahraga pada pukul 3 sore. 

Hasilnya menunjukkan bahwa setelah 10 bulan, kelompok pertama memperlihatkan penurunan berat badan yang lebih signifikan.

Peserta studi juga hanya diminta olahraga seperti joging atau berjalan kaki santai. Untuk menurunkan berat badan, seseorang hanya diperlukan untuk menggerakkan tubuh secara teratur.


Asupan Protein

Selain berolahraga, penting juga untuk mengatur asupan protein di pagi hari. Ahli gizi Brianna Bernard mengatakan, salah satu kebiasaan terbaik setelah berolahraga adalah dengan mengisi bahan bakar dengan makanan kaya nutrisi seperti protein tanpa lemak, lemak sehat, dan karbohidrat kompleks.

Mengisi protein penting untuk menurunkan berat badan setelah berolahraga. Studi menunjukkan, tubuh menggunakan lebih banyak kalori untuk memetabolisme protein dibandingkan lemak dan karbohidrat. 

Artinya, protein akan membantu Anda merasa kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama.

Asupan protein juga penting untuk dikonsumsi dalam jangka waktu 30 menit setelah berolahraga. Asupan protein bisa menjadi bahan bakar pada otot Anda. 

Penelitian menunjukkan, protein membantu perbaikan dan membangun otot yang membantu seseorang terlihat ramping.

Kenyataannya, membangun rutinitas pagi untuk menurunkan berat badan bukan hal yang rumit. 


Berjalan Kaki 30 Menit

Anda cukup berjalan kaki di pagi hari selama 30 menit. Beristirahat sejenak, lalu akhiri rutinitas pagi 30 menit kemudian dengan menu sarapan seperti telur orak-arik.

sumber | Eat This/mistar

Share:
Komentar

Berita Terkini