Tetap Bisa Ngemil, Ini Panduan Jam Makan yang Tepat saat Diet

Editor: kairos author photo


Seleksi makanan yang sehat untuk tubuh. foto | dok KAIROS

KAIROS -  PROGRAM diet dalam rangka menurunkan berat badan bukan berarti cuma boleh makan sekali sehari. Bukannya kurus, itu justru bisa mengganggu kesehatan tubuh.

Anda tetap bisa makan seperti biasa dengan jadwal berikut:


1. Sarapan

Dalam sebuah penelitian tahun 2015, konsumsi sarapan tinggi protein pada pukul 6 sampai 9.45 pagi paling ampuh mencegah penumpukan lemak dan munculnya rasa lapar palsu seharian.

Ahli gizi sekaligus juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics di Amerika Serikat, Jim White, juga sepakat. Menurut dia, makan satu jam setelah bangun tidur adalah waktu terbaik. Jangan menunggu sampai jam 10 pagi baru sarapan.


2. Camilan Pagi

Ngemil di pagi hari memang tidak wajib. Namun, kalau Anda terbiasa sarapan sangat pagi sedangkan jam makan siangnya masih lama, camilan sehat bisa jadi solusi.

Demi memastikan camilan pagi tak menumpuk jadi lemak, pastikan Anda ngemil 2-4 jam setelah sarapan. Itulah waktu yang dibutuhkan bagi sistem pencernaan untuk mengolah makanan Anda ketika sarapan. Jadi saat Anda ngemil, tubuh memang sudah siap untuk kembali memproses makanan yang masuk.


3. Makan Siang

Para peneliti dalam The American Journal of Clinical Nutrition mengungkapkan, makan siang lebih cepat terbukti efektif dalam menurunkan berat badan dibandingkan dengan makan siang yang sudah kesorean.

Berdasarkan studi lain dalam International Journal of Obesity, disebutkan juga bahwa kita bisa menurunkan berat badan 25% lebih banyak kalau makan sebelum pukul 3 sore.


4. Camilan Siang

Seperti camilan pagi, kuncinya adalah 2-4 jam setelah makan berat. Tentu saja Anda juga harus memilih camilan sehat seperti buah-buahan atau kacang.


5. Makan Malam

Usahakan makan malam pukul 5 sore hingga paling lambat pukul 7 malam. Jam makan ini dianggap paling tepat supaya tubuh sudah selesai mencerna makanan dengan sempurna ketika Anda pergi tidur.

Tidur adalah waktu bagi tubuh untuk membakar kalori dan lemak. Namun jika Anda makan sebelum tidur, tubuh jadi tak sempat membakar kalori dan lemak karena masih sibuk mencerna makanan.  

Demikian sahabat KAIROS semoga bermanfaat

reporter | adm

sumber | suara

Share:
Komentar

Berita Terkini