Wanita Hamil Muda Wajib Tahu 5 Pantangan Ini Agar Janin Selamat

Editor: kairos author photo
Wanita hamil. foto | pixabay

KAIROS - WANITA hamil muda, memang rawan. Trimester pertama kerap disebut sebagai hamil muda. Ada banyak pantangan di trimester pertama yang diberlakukan kepada ibu hamil untuk menjaga keselamatan kehamilan dan janin.

foto | pixabay

Pantangan untuk Wanita Hamil

Meski begitu, tak perlu menghindari semua hal yang katanya 'tidak baik' untuk kehamilan. Supaya tak salah, ini 5 pantangan di trimester pertama yang perlu Anda tahu.


foto | dok kairos

1. Merokok dan Minum Alkohol

Merokok dan minum alkohol bisa membahayakan janin. Merokok ataupun terpapar asap rokok selama kehamilan dapat menyebabkan bayi lahir dengan berat badan rendah. Dan ibu yang minum alkohol selama kehamilan dapat menyebabkan bayi mengalami Fetal Alcohol Syndrome (FAS), yang berdampak pada gangguan pertumbuhan dan perkembangan bayi di masa depan.

Tak hanya di trimester pertama dua hal ini juga sangat terlarang dilakukan di trimester berikutnya, bahkan hingga Anda melahirkan, menyusui dan membesarkan anak.

foto | duniamasak

2. Konsumsi Makanan Mentah

Makanan mentah, seperti steak setengah matang, telur mentah, susu yang tidak dipasteurisasi, bahkan sayuran mentah, dapat berpotensi menyebabkan cacat lahir maupun keguguran akibat bakteri atau kuman yang menempel di sana. Anda juga berisiko mengalami keracunan makanan karena mengonsumsi makanan mentah atau yang belum matang.

Air panas. foto ilustrasi | pixabay 

3. Sauna atau Berendam di Air Panas

Meski dapat membantu Anda merasa lebih rileks, berendam dalam air panas ataupun sauna berbahaya untuk Anda yang sedang hamil muda. Penelitian menemukan bahwa melakukan hal-hal tersebut selama trimester pertama dapat meningkatkan risiko keguguran hingga dua kali lipat.

Berendam dalam air panas dapat meningkatkan suhu tubuh dan ini dapat menyebabkan masalah pada janin yang meningkatkan risiko cacat lahir.

Sex Toy. foto | pixabay

4. Menggunakan Sex Toy

Sex toy atau alat bantu seks lainnya sangat tidak disarankan saat Anda sedang hamil muda. Anda tidak tahu seberapa higienis sex toy yang Anda gunakan. Jika alat itu tidak steril, maka berpotensi menyebarkan kuman lewat vagina dan berpengaruh terhadap janin di perut Anda ya sahabat KAIROS.

foto | pixabay

5. Minum Obat Bebas Sembarangan

Banyak obat bebas yang mencantumkan peringatan untuk ibu hamil. Oleh karena itu berhati-hatilah jika Anda berencana mengonsumsi obat bebas, seperti obat pereda nyeri, obat batuk bahkan obat sakit kepala.

Demikian sahabat KAIROS, semoga bermanfaat.

reporter | adm

sumber | mayoclinic

Share:
Komentar

Berita Terkini