Nih Kesalahan Memakai Eye Cream yang Perlu Dihindari

Editor: kairos author photo

 

foto | journal.sociolla

KAIROS - KULIT di area sekitar mata, bagian wajah yang paling sensitif dan kerap mengalami berbagai masalah. Selain bisa muncul kantung mata dan dark circle akibat terlalu banyak begadang, tanda penuaan dini biasanya muncul lebih awal di sekitar mata seperti kerutan dan garis halus. 

Nah, salah satu produk yang bisa diandalkan untuk mengatasinya adalah eye cream. 

Namun ada kalanya produk eye cream yang dipakai tidak menunjukkan hasil signifikan. Eits, tapi jangan buru-buru menyalahkan produk yang kamu gunakan, ya, karena bisa jadi masalahnya terletak pada bagaimana cara mengaplikasikan eye cream itu. 

Supaya produknya bisa bekerja dengan lebih efektif, berikut sederet kesalahan menggunakan eye cream yang perlu kamu hindari!


Menggunakan Produk Terlalu Banyak

Banyak yang masih menganggap bahwa semakin banyak produk skin care yang digunakan maka hasilnya akan cepat terlihat dan cukup signifikan. Namun, ternyata anggapan tersebut salah kaprah dan tidak perlu diikuti, lho. Terlepas dari harga eye cream yang cenderung mahal, sehingga sayang bila digunakan terlalu banyak, sebetulnya produk ini cukup digunakan seukuran kacang polong saja, karena area kulit di sekitar mata tidak terlalu luas. 


Tidak Menggunakan Sesuai Aturan Pakai

Disadari atau tidak, menggunakan produk skin care sesuai urutan yang tepat sangat berpengaruh pada hasilnya, loh. 

Sama halnya dengan mencuci wajah sebelum mengaplikasikan skin care, supaya produk dapat terserap dan bekerja dengan baik, kamu juga perlu memperhatikan kapan penggunaan eye cream yang tepat (sebelum dan sesudah produk skin care tertentu). 

Cara paling mudah adalah dengan melihat petunjuk penggunaan yang biasanya terletak pada label yang tertera pada kemasan. Selain itu, kamu juga bisa menentukan kapan menggunakannya berdasarkan konsistensi dari eye cream. Pakai produk dengan konsistensi ringan di awal yang diikuti dengan konsistensi berat di urutan paling akhir. 


Menggosok Terlalu Kencang

Mengingat area kulit di sekitar mata adalah bagian yang sangat sensitif, kamu perlu lebih lembut dalam mengaplikasikan produk di area tersebut termasuk saat memakai eye cream. 

Meski Anda sudah pakai produk dengan formula yang baik dan punya harga yang mahal, produknya tidak akan bekerja maksimal dan kondisi kulit di area mata justru akan lebih rentan mengalami masalah jika mengaplikasikan eye cream dengan menggosoknya terlalu kencang. Sebaiknya aplikasikan dengan gerakan tap-tap lembut serta gunakan jari manis. 


Mengaplikasikan pada Kulit dalam Kondisi Kering

Kesalahan umum yang masih banyak dilakukan dalam penggunaan eye cream adalah mengaplikasikannya pada kulit dalam kondisi kering. Butuh lebih banyak kelembapan dibanding dengan area lainnya karena lebih tipis dan sensitif, maka umumnya produk eye cream diformulasikan dengan molekul hydrophilic untuk mengunci kelembabannya. 

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya pastikan area di sekitar mata tersebut dalam keadaan lembap dengan menggunakan toner atau essence sebelum menggunakan eye cream. 

Selain memastikan area kulit di sekitar mata terhidrasi dengan baik, kondisi kulit yang lembap saat mengoleskan eye cream bisa meminimalisir terjadinya gesekan yang membuat kulit menjadi mudah iritasi.  


Hanya Menggunakan di Malam Hari

Produk skin care yang biasanya digunakan pada malam hari biasanya bertujuan agar produknya terserap pada kulit dan bekerja dengan maksimal selama kamu tidur sehingga di pagi hari kulit dapat merasakan hasilnya. Tapi, ternyata eye cream juga perlu diaplikasikan pada pagi hari seperti halnya menggunakan pelembab

Menggunakan eye cream pada pagi hari sebelum beraktivitas akan membantu mengunci kelembaban di area sekitar mata dan melindunginya dari paparan radikal bebas penyebab penuaan dini selama Anda beraktivitas.

sumber | journal.sociolla

Share:
Komentar

Berita Terkini