Jangan Lewatkan Makan Siang, Nih Manfaatnya Bagi Kesehatan Anda

Editor: kairos author photo
Moment makan siang. foto | mistar

KAIROS - Makan siang bisa dibilang bisa dipandang sebagai salah satu makanan terpenting hari itu. Makan siang yang bergizi, seimbang, dan alami bisa menjadi apa yang dibutuhkan tubuh Anda.


1. Manfaat Kesehatan Mental

Makan siang tidak hanya memberi tubuh Anda bahan bakar yang dibutuhkan untuk mengakhiri hari, tetapi juga memberi makan kesehatan mental kita. Pernahkah Anda melewatkan makan siang dan bertanya-tanya mengapa Anda begitu gelisah setelahnya? Makanan tidak hanya bahan bakar, tetapi juga penstabil suasana hati kesehatan mental.


Menurut NAMI (National Alliance on Mental Illness) sekitar 1 dari 25, atau 9,8 juta orang dewasa di AS telah dan/atau akan mengalami penyakit mental yang serius dalam tahun tertentu. Penelitian telah menemukan gizi buruk dan pola makan dapat berdampak langsung dan dalam beberapa kasus memperburuk kesehatan mental seseorang.

 

2. Metabolism Booster

Makan siang membuat metabolisme Anda tetap aktif. Menurut Jaringan Informasi Kontrol Berat Badan, “orang yang rutin melewatkan makan cenderung memiliki berat badan lebih daripada orang yang makan sepanjang hari.”


3. Penyeimbang Tingkat Gula Darah

Makan siang terbukti dapat menyegarkan kembali tubuh Anda dan meningkatkan kadar gula darah seseorang. Selama jam-jam sore yang panjang ketika fokus dan konsentrasi cenderung menurun, makan bahkan makanan kecil dapat memberikan tubuh Anda ‘dorongan’ yang dibutuhkan untuk menyelesaikan aktivitas hari-hari.


4. Mindful Eating

Dalam sebuah studi baru-baru ini oleh Universitas Harvard ditemukan bahwa, orang yang ketika makan sambil teralihkan dengan kegiatan lainnya sebenarnya makan lebih banyak.

Berfokus ketika makan telah dikaitkan dengan makan lebih sedikit dan membuat pilihan makanan yang lebih sehat.

Meskipun Anda mungkin tergoda untuk duduk di meja, bermainlah di ponsel dan berhibernasi di dalam ruangan. 

Bantulah diri Anda sendiri; istirahat sejenak, menjauh dari kantor dan ‘aktif’ berpartisipasi dalam pilihan makanan dan pilihan makanan Anda. Kesejahteraan Anda secara keseluruhan bergantung pada pilihan sederhana ini.


5. Menjalin Hubungan

Ketika Anda menghabiskan waktu bersama teman, keluarga dan rekan kerja untuk makan siang bersama, Anda tidak hanya mengisi perut Anda, tapi juga jiwa Anda. Bercengkrama di saat makan dan saling bercerita terbukti mengurangi tingkat stres pada seseorang.

sumber | thaistreetkitchen/mistar


Share:
Komentar

Berita Terkini