Keracunan Makanan, Ratusan Warga Sumut Kejang-kejang dan Pingsan

Editor: kairos author photo

 

Para korban yang dievakuasi ke Puskesmas terdekat. foto | dailysatu

KAIROS - Ratusan warga Dusun I Desa Punggulan Kecamatan Air Joman Kab Asahan (Sumatera Utara/Sumut), keracunan makanan nasi wirit, Kamis (10/12/2020) pukul 18:00 Wib.

Informasi yang diperoleh wartawan di Puskesmas Air Joman, melihat ratusan warga diduga korban keracunan makanan masuk ke IGD Puskesmas.

"Kami tadi siap makan nasi wirid dari Buk Iyem. Siap makan nasi. Kami semua keracunan. Bahkan anak saya sampe sekarang masih Opname Bang," ujar Sunengsih (42) warga setempat yang diwawancarai wartawan di Puskesmas.

foto | dailysatu

200 Nasi Bungkus untuk Pengajian

Dikatakannya, warga yang dapat makanan dari wirid sebanyak 200 orang anggota pengajian. 

Semuanya menerima dan memakan nasi yang disediakan Iyem dan Manto.

"Ada dua ratus nasi yang disediakan tuan rumah. Semuanya dibagi-bagikan saat selesai acara. Setelah makan, semua warga yang memakan nasi lemas dan keracunan," sebut Sunengsih yang mengaku dia dan anaknya kena keracunan, namun anaknya yang paling parah sampe di opname.

Terpisah, Asih (56) saudara Iyem yang ditanyai wartawan di Puskesmas, mengaku mereka memesan nasi wirid dari Warga Jalan Bakti Kisaran.

"Si Iyem mesan nasi 200 bungkus untuk warga yang wirid dirumahnya dari jalan Bakti Kisaran. Ada 5 bungkus lagi yang belum dibagikan. Setelah dibagikan kepada warga yang wirid. Semuanya merasakan sakit dan pusing serta lemas," sebut Asih.


Perawat Bilang Keracunan Makanan

Sementara, perawat Puskesmas yang ditemui mengaku para pasien diduga korban keracunan.

"Ya, semua pasien mulai dari anak-anak dan orang dewasa ini. Semuanya diduga korban keracunan makanan. Mana yang bisa kami tangani, kami rawat. Mana yang tidak bisa kami rujuk ke RSU HAMS Kisaran," ujar perawat Puskesmas sembari pergi mengaku sibuk untuk menangani semua pasien yang silih berganti masuk ke IGD Puskemas.

Pantauan wartawan di lokasi melihat ratusan warga memadati Puskesmas Air Joman. 

Mereka datang untuk melihat keluarganya yang menjadi korban keracunan makanan.


Pesan Moral untuk Pengusaha Katering

Selain itu, sudah lima ambulans terlihat silih berganti membawa pasien korban keracunan makanan. 

Pesan moral: bagi pengusaha katering (makanan) diharapkan agar menyajikan makanan yang sehat, hingga tak terjadi hal-hal seperti ini lagi. Semoga! 

sumber/foto | dailysatu

Share:
Komentar

Berita Terkini