Medan Dikepung Banjir, 2 Orang Tewas, 4 Hilang

Editor: kairos author photo
Petugas BPBD dan Tim SAR Kota Medan saat mengevakuasi warga yang terkena banjir di sejumlah wilayah di Kota ini, Jumat (4/12/2020). foto | mistar

KAIROS - KOTA Medan dikepung banjir. Sejumlah wilayah di kota ini terendam air akibat hujan deras yang dimulai sejak Kamis (3/12/2020) hingga Jumat (4/12/2020) subuh. Dikabarkan, akibat bencana itu, dua orang warga dinyatakan meninggal dunia sedangkan 4 orang lainnya masih belum ditemukan karena terseret arus banjir.

Data resmi dari BPBD Kota Medan, terdapat 6 orang dinyatakan hilang karena terseret arus banjir, diantaranya 5 orang dewasa dan 1 balita.


2 Orang Dewasa Meninggal Dunia

“Pagi ini berhasil ditemukan 2 orang dewasa dalam keadaan meninggal dunia,” Nurli, Sekretaris BPBD Kota Medan.

Personil BPBD dan Tim SAR masih mengevakuasi terhadap warga yang terdampak banjir di sejumlah wilayah Kota Medan. 

Tim Reaksi Cepat BPBD Kota Medan mengevakuasi warga di Kecamatan Medan Johor, Medan Tuntungan, Medan Maimun dan Medan Sunggal.


186 Jiwa Dievakuasi Sementara

Dari empat lokasi itu, petugas telah mengevakuasi 186 jiwa. 

Rinciannya anak-anak 50 jiwa, balita 38 jiwa, dewasa 67 jiwa dan lansia 26 jiwa.

“Saat ini personil mulai bergerak untuk menyisir banjir di Kecamatan Medan Helvetia yang teimbas dari luapan sungai Sunggal,” sebutnya.

Hingga kini data terkumpul terkait dampak banjir sudah merendam 2.773 rumah, 1983 KK dan 5.965 jiwa. 

Data ini terangkum dari 7 Kecamatan dan 13 Kelurahan, antara lain Kecamatan Medan Maimun, Medan Johor, Medan Selayang, Medan Tuntungan, Medan Baru, Medan Petisah dan Medan Polonia. 

Namun terbersit info, kawasan Belawan juga nyaris tenggelam. Beberapa warga dinyatakan hilang.

Pesan moral, Medan memang rawan banjir, warga yang berdomisili di dataran rendah, khususnya di sekitar aliran (pinggiran) sungai agar lebih ekstra hati-hati. Akibat banjir ini, warga diminta lebih waspada terhadap serangan penyakit mulai gatal-gatal yang dipicu kutu air, demam berdarah hingga muntaber. 

Hingga kini petugas belum menyebut secara rinci identitas para korban.

sumber | mistar

Share:
Komentar

Berita Terkini