Penyakit Paru Kronis, Urine Pria Ini Jadi Hijau Keruh!

Editor: kairos author photo
foto | suara

KAIROS - Seorang pria berusia 62 tahun menderita penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) menarik perhatian lantaran warna urine dia berubah menjadi hijau keruh.

Sebelumnya, dia dilarikan ke ruang gawat darurat setelah kesulitan bernapas selama dua hari dan saat diperiksa, kadar karbondioksida di dalam darahnya tinggi.

Dokter pun harus menempatkannya di unit perawatan intensif dan memasang ventilator pada pria itu. 

Pasien juga diberi anastesi propofol.

Live Science melaporkan pada hari ke 5 setelah dirawat, warna urine pria ini, yang ditampung di dalam kantong kateter, berubah menjadi hijau. Duh!

Ternyata, perubahan ini merupakan efek samping tidak berbahaya dari pengobatannya, tulis dokter pada jurnal New England Journal of Medicine.

Urine berwarna hijau dapat disebabkan sejumlah faktor, seperti efek samping pengobatan, infeksi dan masalah hati, tulis dokter dari Weiss Memorial Hospital di Chicago.

Dalam kasus pria ini, penyebabnya adalah propofol. Obat ini banyak digunakan untuk anestesi umum. Dalam kasus yang jarang terjadi, obat ini dapat mengubah urine seseorang menjadi hijau.

Bagaimana tepatnya perubahan warna ini terjadi tidak sepenuhnya dipahami. Tetapi itu mungkin terjadi ketika produk pemecahan tertentu (metabolit) propofol dieliminasi melalui ginjal, bukan di hati. Sementara biasanya obat ini dimetabolisme di hati.

Untungnya, perubahan warna ini tidak berbahaya dan hilang begitu pengobatan dihentikan. Warna urine pria ini pun kembali ke warna normal setelah pemberian propofol dihentikan. 

Setelahnya, dia tetap dirawat di rumah sakit selama dua minggu dan dipindahkan ke fasilitas rehabilitasi.

sumber | suara

Share:
Komentar

Berita Terkini