Tak Diduga! Kalau Pagi, Cobalah Dengar Lagu/Musik, Ini 5 Manfaatnya

Editor: kairos author photo


foto | merahputih

KAIROS - Tahukah Anda mendengarkan musik mempunyai banyak manfaat, termasuk di pagi hari. Rutinitasmu akan terbuai positif seindah alunan lagu. 

Berikut 5 manfaat mendengarkan musik di pagi hari.


Rileks

Mendengarkan musik di pagi hari atau ketika memulai aktivitas membuat kondisi psikologis seseorang menjadi lebih baik. Berdasarkan penelitian di University of Gothenburg, mendengarkan musik yang disukai setiap pagi bisa menurunkan tingkat stres dan menjadi rileks.


Jantung Sehat

Ritme musik yang stabil ternyata dapat membuat jantung seseorang yang mendengarkan musik tersebut jadi lebih stabil. Hal ini tentunya sangat baik bagi jantung untuk memulai aktivitas.

Menurut para peneliti, aliran darah menjadi lebih lancar hingga 26% ketika seseorang mendengarkan musik ceria di pagi hari. Ritme dari musik juga akan berpengaruh terhadap kestabilan detak jantung.


Melindungi Pendengaran

foto | kumparan

Selama ini mendengar musik dalam volume keras memang diketahui merusak pendengaran. Tapi, sebuah penelitian pada tahun 2001 yang dimuat dalam Washington Post mengungkapkan, orang yang sering mendengarkan musik memiliki kemampuan mendengar yang lebih baik.

Hal ini sama seperti ketika seseorang melatih otot mereka, begitu juga dengan pendengaran yang terlatih untuk mendengarkan musik. Tapi, tentu saja kamu tetap harus berhati-hati, jangan mendengarkan musik dalam volume keras, terutama ketika menggunakan earphone.


Tingkatkan Konsentrasi

Mendengarkan musik di pagi hari membuat Anda lebih mudah untuk memfokuskan pikiran saat bekerja. Mereka yang sudah membuktikan, mendengarkan musik di pagi hari membantu mereka mencapai lebih banyak produktivitas.


Memberi Efek Pijatan

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Depression and Anxiety, terapi musik memiliki efek menenangkan yang sama dengan terapi pijatan. Penelitian menemukan, partisipan yang melakukan terapi pijatan selama lebih dari 12 minggu memiliki tingkat stres yang sama dengan orang yang mendengarkan musik.

sumber | kelasmusik/republika

Share:
Komentar

Berita Terkini