Ini Alasan Mengapa Anda tak Boleh Lewatkan Sarapan

Editor: kairos author photo
Sarapan pagi memang sangat penting. Untuk itu jangan pernah dilewatkan. foto | pixabay

KAIROS - SARAPAN  pagi memang tak boleh dilewatkan. Soalnya jika Anda tidak sarapan, Anda memperpanjang ini dengan cepat yang mungkin memengaruhi metabolisme tubuh Anda.

Catat, Anda harus sarapan dalam waktu dua jam setelah bangun tidur. Mereka yang melewatkan sarapan cenderung makan lebih banyak porsi pada jam makan berikutnya. 


Manfaat Sarapan Pagi

Mengonsumsi sarapan yang sehat mengembalikan kadar glukosa dalam tubuh dan menurunkan tingkat stres. Berikut adalah beberapa alasan menarik mengapa Anda tidak boleh melewatkan sarapan dan mengapa itu sangat penting. 


Turunkan Risiko Diabetes

Menurut berbagai penelitian, melewatkan sarapan secara teratur dapat menyebabkan berkembangnya diabetes tipe 2 karena dapat menyebabkan resistensi insulin kronis. Tanpa sarapan, kadar insulin dapat turun dan kemudian melonjak setelah makan siang, yang dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2.


Memori Ditingkatkan  

Mereka yang sarapan pagi lebih tajam mentalnya dibandingkan yang tidak. Makanan sarapan tertentu telah terbukti memberi Anda dorongan di otak, meningkatkan ingatan jangka pendek dan membuat Anda lebih kuat dan lebih tajam. 

Makan sarapan sehat yang mencampurkan berbagai buah dan sayuran, makanan rendah lemak dan protein membantu meningkatkan tingkat konsentrasi dan membuat Anda tetap produktif.


Menjaga Kesehatan Jantung 

Orang yang melewatkan makan pagi cenderung memiliki arteri yang tersumbat. Melewatkan sarapan dikaitkan dengan kebiasaan berbahaya lainnya yang dapat menyebabkan hipertensi, obesitas, tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi yang pada gilirannya meningkatkan risiko serangan jantung, stroke hingga 27%.


Meningkatkan Metabolisme. 

Saat Anda bangun pagi, kadar gula darah Anda turun, jadi Anda membutuhkan sarapan padat nutrisi yang dapat memberi Anda energi untuk menjalani hari dan memulai metabolisme Anda. Untuk meningkatkan metabolisme Anda, cobalah makan sarapan setidaknya dalam 2 jam setelah bangun tidur.


Meningkatkan Energi. 

Memulai hari Anda dengan jenis makanan yang tepat di pagi hari dapat membantu Anda tetap berenergi sepanjang hari. 

Makanan yang kaya akan biji-bijian, protein, serat, dan lemak baik dapat membantu menyediakan energi bagi tubuh yang membantu menjaga tingkat energi tubuh dan otak Anda tetap terjaga sepanjang hari.


Menjaga Berat Badan yang Sehat. 

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, jangan melewatkan sarapan. Makan sarapan berat dapat membantu Anda mengurangi rasa lapar sepanjang hari dan pada akhirnya mengurangi risiko makan berlebihan dan mengonsumsi lebih banyak kalori daripada yang dibutuhkan. Memulai hari dengan sarapan bergizi dapat merangsang dan memotivasi pilihan sehat sepanjang hari. 

Nah, melewatkan sarapan pagi, dihindari ya sahabat KAIROS, itu jika Anda mencoba menurunkan berat badan

sumber | tolhealth/mistar

Share:
Komentar

Berita Terkini