Selain Pisang, Penuhi Asupan Kalium dari Makanan Ini

Editor: kairos author photo

 

foto | pixabay

KAIROS - Kalium, mineral penting yang memberikan banyak manfaat kesehatan untuk tubuh. Kalium mengandung khasiat yang membantu menurunkan tekanan darah, retensi air, melindungi dari stroke hingga membantu mencegah batu ginjal serta osteoporosis.

Sumber kalium yang paling terkenal adalah buah pisang. 

Menurut American Society of Nutrition, pisang berukuran sedang mengandung 358 mg kalium. Namun jika Anda tidak suka pisang, masih ada alternatif lain yang bisa Anda konsumsi. Dilansir dari The Health Site, berikut diantaranya.


1. Cokelat Hitam

Sebagai sumber yang kaya kalium, cokelat hitam dapat membantu menjaga kadar kolesterol, melawan radikal bebas, membantu penurunan berat badan , mengurangi risiko diabetes , menurunkan risiko penyakit jantung, serta meningkatkan daya ingat dan suasana hati.


2. Ikan Salmon

Studi menunjukkan kebanyakan ikan memberi Anda setidaknya 10 persen dari jumlah kalium yang disarankan, tetapi salmon adalah sumber kalium yang lebih baik daripada yang lain. Tidak hanya itu, ikan salmon juga kaya akan asam lemak omega-3 dan vitamin D.


3. Bayam

Tidak ada keraguan bahwa bayam adalah salah satu makanan padat nutrisi di luar sana. Sayuran berdaun ini juga mengandung vitamin A dan K, magnesium, zat besi dan vitamin B12. Ini adalah nutrisi penting yang dapat membantu menjaga kesehatan tulang.


4. Alpukat

Sumber potasium yang kaya, alpukat adalah pilihan yang lezat, lembut, dan bersahaja yang sangat sehat. Ini karena mereka sarat dengan minyak tak jenuh tunggal (MUFA) yang baik, yang membantu menjaga tekanan darah dan meningkatkan kesehatan tulang.


5. Air kelapa

Minuman trendi ini tidak hanya enak tapi dikemas dengan banyak nutrisi. Ini memberi Anda kekuatan kalium yang kuat dan merupakan alternatif yang bagus untuk minuman manis


6. Ubi

Ubi jalar ukuran sedang dipercaya mengandung 542 mg potasium. Akar bertepung namun memiliki rasa manis ini mengandung beberapa nutrisi, termasuk vitamin A dan C. Sementara vitamin A membantu menjaga kesehatan mata, vitamin C baik untuk kesehatan kulit dan usus Anda.

sumber |suara/The Health Site

Share:
Komentar

Berita Terkini