Kak Seto Idap Kanker Prostat, Faktor Ini Bikin Pria Rentan Terkena

Editor: kairos author photo
Kak Seto. foto | serambi indonesia

KAIROS - KAK Seto atau pemilik nama lengkap Seto Mulyadi menyampaikan kabar mengejutkan. Lewat unggahan foto, Kak Seto mengabarkan dirinya mengidap kanker prostat.


"Dan setelah melakukan beberapa kali pemeriksaan, ternyata saya didiagnosa mengidap kanker prostat," tulis Kak Seto menyertai unggahan foto dirinya yang terbaring di tempat tidur rumah sakit dikelilingi keluarganya itu.



Kanker prostat sendiri merupakan salah satu penyakit yang sering dialami oleh pria. Melansir dari Mayo Clinic, kanker prostat mulai terbentuk ketika sel-sel di prostat mengembangkan perubahan DNA mereka.


Perubahan tersebut membuat sel untuk tumbuh dan membelah lebih cepat daripada sel normal. Sel abnormal terus hidup, ketika sel lain mati.


Sel abnormal yang terakumulasi membentuk tumor yang dapat tumbuh untuk menyerang jaringan di sekitarnya. Pada waktunya, beberapa sel abnormal dapat pecah dan menyebar (bermetastasis) ke bagian tubuh lainnya.


Selain itu, ada 4 faktor risiko seorang pria rentan terkena kanker prostat yang dilansir dari Mayo Clinic, Sabtu (13/2/2021).


1. Pria lanjut usia


Risiko seorang pria terkena kanker prostat meningkat seiring bertambahnya usia. Ini paling umum terjadi setelah usia 50 tahun.


2. Suku dan ras


Untuk alasan yang belum ditentukan, orang kulit hitam memiliki risiko lebih besar terkena kanker prostat daripada orang dari ras lain. Pada orang kulit hitam, kanker prostat juga lebih cenderung menjadi agresif atau lanjut.

sumber | okezone


Share:
Komentar

Berita Terkini