Manfaat Nanas Madu untuk Kesehatan dan Sistem Imun Tubuh

Editor: kairos author photo

  

foto | merdeka

KAIROS - Buah nanas madu merupakan buah yang mengandung banyak nutrisi. Ada berbagai varietas nanas yang beredar di pasaran, salah satunya nanas madu.


Nanas madu punya rasa daging yang lebih manis dibanding nanas biasanya. Nanas madu juga memiliki aroma yang lebih kuat dan menyegarkan.


Berbagai kandungan dalam buah nanas madu, di antaranya lemak, protein, karbohidrat, serat, vitamin C, vitamin B6, mangan, tembaga, thiamin, folat, magnesium, kalium, niasin (vitamin B3), asam pantotenat (vitamin B5), besi, dan riboflavin (vitamin B2). 


Nanas madu juga mengandung antioksidan seperti flavonoid dan asam fenolik. Selain itu, dalam buah tersebut juga terkandung sejumlah kecil vitamin A, vitamin K, zinc, fosfor serta kalsium.


Nanas madu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seperti meningkatkan sistem imun, meredakan nyeri saat menstruasi, meningkatkan kesuburan, mencegah asma dan kanker, menjaga kesehatan kulit dan mata, hingga menjaga kesehatan pencernaan.


Untuk mengetahui lebih jelas tentang manfaat tersebut, merdeka.com telah merangkumnya dari berbagai sumber. Berikut ulasan lengkapnya.


Meningkatkan Sistem Imun Tubuh


Manfaat nanas madu untuk kesehatan yang pertama yaitu menjaga sistem imun tubuh. Hal ini karena kandungan senyawa bromelain dalam nanas madu.


Selain itu, adanya kandungan antioksidan dalam nanas madu juga berperan penting dalam meningkatkan sistem imun tubuh. Perlu diketahui, paparan radikal bebas berlebihan dapat menyebabkan stres oksidatif sehingga menurunkan sistem imun. Adanya antioksidan dapat membantu menangkal radikal bebas.


Meredakan Nyeri saat Menstruasi


Manfaat nanas madu untuk kesehatan berikutnya yaitu meredakan nyeri saat menstruasi. Nanas madu mengandung antioksidan bromelain yang mampu mengurangi nyeri saat menstruasi.


Antioksidan mampu mengurangi peradangan yang menjadi penyebab kram perut saat menstruasi. Sedangkan bromelain mampu membantu merelaksasi otot-otot sekitar perut. Oleh sebab itu, jika Anda mengalami nyeri saat menstruasi, cobalah untuk mengonsumsi nanas madu.


Meningkatkan Kesuburan


Manfaat lain dari nanas madu yaitu dapat membantu meningkatkan kesuburan. Nanas madu dapat dikonsumsi oleh seseorang yang sedang menjalani program hamil agar kesuburan makin meningkat.


Nanas madu mengandung antioksidan seperti beta-karoten serta berbagai vitamin dan mineral yang terbukti dapat membantu meningkatkan kesuburan pria dan wanita (zinc, copper, dan folat).


Mencegah Asma dan Kanker


Manfaat nanas madu untuk kesehatan berikutnya yaitu dapat mencegah asma. Seseorang yang mengonsumsi makanan yang mengandung beta-karoten akan memiliki risiko lebih rendah untuk terserang asma. Seperti yang diketahui sebelumnya, nanas madu mengandung beta-karoten yang sangat bermanfaat bagi tubuh.


Selain itu, nanas madu juga membantu menangkal radikal bebas yang kerap dihubungkan dengan penyakit kanker. Hal ini karena nanas madu mengandung vitamin C dan antioksidan.


Baik untuk Pencernaan


Nanas madu memiliki beragam manfaat untuk kesehatan, salah satunya baik untuk pencernaan. Kandungan bromelain diketahui mampu memecah protein dalam makanan sehingga akan lebih mudah dicerna oleh usus.


Seseorang dengan insufisiensi pankreas (keadaan di mana pankreas tak dapat memproduksi enzim pencernaan yang cukup) akan dapat merasakan manfaat buah nanas madu. Dengan mengonsumsi buah tersebut, orang dengan insufisiensi pankreas akan memiliki pencernaan yang lebih lancar dibanding dengan yang tak mengonsumsi. Tak hanya itu, bromelain juga dapat membantu melindungi usus dari bakteri penyebab diare.


Menjaga Kesehatan Kulit dan Mata


Manfaat lain dari nanas madu yaitu dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Nanas madu mengandung vitamin C dan antioksidan yang dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit karena paparan sinar matahari dan polusi.


Tak hanya itu, nanas madu juga dapat membantu kulit dalam pembentukan kolagen. Kulit pun akan terjaga kesehatannya.


Selain baik untuk kesehatan kulit, mengonsumsi nanas madu juga baik untuk kesehatan mata. Dalam sebuah penelitian, disebutkan bahwa mengonsumsi tiga atau lebih porsi buah per hari, dapat menurunkan risiko penurunan penglihatan yang disebabkan oleh faktor usia.


Baik untuk Kesehatan Gigi dan Gusi


Mengonsumsi nanas madu secara cukup diketahui dapat mencegah plak pada gigi. Selain itu, nanas madu juga dapat membantu menguatkan gusi.


Nanas madu mengandung mineral yang bermanfaat untuk mencegah tanggalnya gigi. Meski demikian, mengonsumsi nanas madu tidak boleh berlebihan, karena kandungan gulanya yang cukup banyak.


Oleh sebab itu, konsumsi nanas madu secukupnya, minum air putih yang cukup, serta rajin menggosok gigi setelah mengonsumsi nanas madu. 


sumber | merdeka 

Share:
Komentar

Berita Terkini