Sederet Makanan Penurun Asam lambung, Enak dan Bergizi

Editor: kairos author photo

foto ilustrasi | kompas


KAIROS - Khusus penderita asam lambung. Kaum pengidap asam lambung ini memang tak boleh makan sembarangan. Mengonsumsi makanan yang tepat, dapat membantu menurunkan asam lambung.


Sebab makanan yang kamu makan akan memengaruhi jumlah asam yang diproduksi perut. Berikut makanan penurun asam lambung dilansir healthline, health dan webmd:


1. Pisang

Pisang termasuk makanan penurun asam lambung. Pisang termasuk buah noncitrus. Buah noncitrus lainnya seperti melon, apel, dan pir, juga cenderung tidak memicu gejala refluks dibandingkan buah yang asam.


2. Jahe

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi alami, dan merupakan pengobatan alami untuk mulas dan masalah pencernaan lainnya.


Anda dapat menambahkan jahe parut atau irisan ke larutan jahe untuk meredakan gejala asam lambung.


3. Sayuran

Sayuran secara alami rendah lemak dan gula, dan membantu mengurangi asam lambung. Pilihan yang bagus untuk mengurangi asam lambung antara lain brokoli, kacang hijau, kentang dan mentimun.


4. Putih Telur

Telur khususnya putih telur adalah makanan penurun asam lambung. Hindari kuning telur yang tinggi lemak dan dapat memicu gejala asam lambung.


5. Oatmeal

Oatmeal adalah biji-bijian utuh, dan sumber serat yang sangat baik. Diet tinggi serat telah dikaitkan dengan risiko penurunan asam lambung.


6. Daging dan Seafood Tanpa Lemak

Daging tanpa lemak, seperti ayam, ikan, dan makanan laut, adalah makanan rendah lemak dan mengurangi gejala asam lambung. Masaklah makanan itu dengan cara dipanggang atau rebus.


7. Alpukat

Alpukat adalah makanan penurun asam lambung. Alpukat termasuk sumber lemak sehat bersama kenari, biji rami, minyak zaitun, minyak wijen dan minyak bunga matahari.


8. Lidah Buaya

Anda tahu gel lidah buaya baik untuk kulit Anda saat terbakar sinar matahari? Namun pernahkah Anda mempertimbangkan untuk minum jus lidah buaya untuk redakan luka bakar di perut akibat asam lambung? Ya lidah buaya adalah makanan penurun asam lambung yang bisa dicoba di rumah.


9. Peterseli

Sama seperti jahe, peterseli dapat menenangkan perut yang sakit. Anda dapat mencampurkannya ke dalam masakan atau smoothie.


Anda bisa juga mengunyah beberapa daun setiap kali asam lambung menyerang.


10. Roti

Roti yang terdengar sehat lainnya seperti gandum adalah makanan penurun asam lambung. Makanlah roti dengan dibakar atau dipanggang.


Demikianlah  sederet makanan penurun asam lambung. Agar tidak menimbulkan sakit berlebih, hindari makanan pantangan pengidap asam lambung seperti minuman bersoda dan makanan serta minuman asam. 

sumber | detik

Share:
Komentar

Berita Terkini