Atasi Sakit Kepala dengan Mudah dan Cepat, Gini Caranya

Editor: kairos author photo
Seorang wanita yang sakit kepala. foto | cnnindonesia

KAIROS - PASTILAH setiap orang pernah menderita sakit kepala. Memang, sakit kepala cukup mengganggu aktivitas. Apalagi, sakit kepala bisa muncul di beberapa area yang berbeda dengan gejala yang juga berbeda.

Nah, jenis sakit kepala memiliki penyebab masing-masing sehingga penanganan atau pengobatannya bisa jadi tidak sama. Namun, secara umum, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi sakit kepala dengan mudah.

Berikut adalah 7 cara mengatasi sakit kepala dengan mudah dan cepat.


Terapi pijat

Terkadang, sakit kepala diakibatkan oleh ketegangan di tubuh bagian atas akibat postur tubuh yang buruk atau rutinitas olahraga yang berat. Dengan demikian, terapi pijat bisa mengurangi nyeri kronis sekaligus meredakan ketegangan otot yang menyebabkan sakit kepala.


Kompres panas atau dingin

Cara mengatasi sakit kepala yang disebabkan oleh otot tegang bisa dengan kompres panas atau dingin. Untuk kompres dingin, simpan es dalam kantong plastik yang dilapisi kain tipis. Kompres es di dahi, pipi, atau di mana pun sumber rasa sakitnya. Untuk kompres panas, bisa dengan menggunakan kain bersih yang telah direndam dalam air hangat dan tempelkan di sumber-sumber rasa sakit.


Aromaterapi

Aromaterapi diyakini mampu memberikan sejumlah manfaat kesehatan, salah satunya adalah membuat tubuh yang lelah menjadi lebih rileks. Beberapa wewangian aromaterapi diyakini mampu menenangkan dan mengurangi gejala sakit kepala. Aromaterapi tersebut adalah peppermint, kayu putih, dan minyak lavender.


Latihan pernapasan

Mungkin terdengar agak aneh, namun latihan pernapasan memang bisa menjadi cara mengatasi sakit kepala. Mulailah dengan mencari tempat yang tenang, nyaman, dan tidak ada gangguan yang akan mengalihkan fokus. Selanjutnya, ambil napas lambat dan berirama, tarik nafas selama lima detik, lalu keluarkan selama lima detik.


Minum cukup air

Dehidrasi dapat menyebabkan sakit kepala sehingga minum cukup air bisa menjadi cara untuk mengatasinya. Tak semua jenis minuman bisa mengatasi dehidrasi dan sakit kepala. Minum terlalu banyak kopi atau kafein justru akan menyebabkan sakit kepala.


Tidur

Banyak masalah kesehatan yang muncul akibat kualitas tidur yang buruk. Tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup juga dapat menyebabkan sakit kepala. Namun, menambah jam tidur tidak berarti memperbaiki kualitas tidur. Lebih dari itu, kualitas tidur yang baik didapat beberapa hal. Hal-hal tersebut adalah komitmen dengan jadwal tidur, hindari stimulan pada jam sebelum tidur, pilih aktivitas santai sebelum tidur.


Minum teh

Terakhir, cara mengatasi sakit kepala adalah dengan minum teh yang mampu memberikan kehangatan dan ketenangan. Efek menenangkan dari teh dapat memberikan efek yang sama seperti pereda nyeri sehingga mampu meredakan gejala sakit kepala. Beberapa jenis teh favorit untuk mengatasi sakit kepala adalah teh kamomil, teh jahe, dan teh dandelion. 

sumber | mistar/kompas

Share:
Komentar

Berita Terkini