Simak Tips Hidup Sehat Agar Anda tak Mudah Sakit

Editor: kairos author photo

 

Durasi tidur yang cukup salah satu cara menerapkan pola hidup sehat. foto | pixabay

KAIROS - TAK mudah sakit? Tips hidup sehat dapat Anda terapkan di kehidupan sehari-hari. Menjalankan pola hidup sehat sangat penting demi menjaga kualitas hidup. Sehat fisik maupun psikis tentu menjadi harapan semua orang.

Meski begitu, tak sedikit orang yang kerap lupa menyisihkan waktunya untuk hal-hal yang penting untuk kesehatannya. Seperti lupa menyisihkan waktu untuk makan, tidur dan bahkan berolahraga.

Seseorang juga kadang lupa untuk memperhatikan makanan-makanan yang setiap hari ia konsumsi. Jika kebiasaan-kebiasaan tersebut terus dilakukan makan akan berdampak negatif pada tubuh Anda.

Makanya pola hidup tersebut harus segera diganti ke pola hidup sehat. Berikut ini tips hidup sehat yang dirangkum dari berbagai sumber.


1. Terapkan Pola Makan Sehat

Tips hidup sehat yang pertama yaitu menerapkan pola makan sehat. Anda dapat mengonsumsi biji-bijan utuh seperti oatmeal, roti gandum, dan sereal. Makanan-makanan tersebut mengandung asam folat, vitamin B, serta selenium yang dipercaya bermanfaat untuk mengontrol berat badan, menjaga kesehatan jantung, serta mengurangi risiko diabetes.

Anda juga disarankan mengonsumsi beragam jenis sayur-sayuran, telur, kacang-kacangan, dan buah-buahan untuk membantu memelihara kesehatan tubuh. Anda pun dapat mengombinasikan beragam jenis makanan sehat lainnya agar lebih bervariasi.


2. Rajin Berolahraga

Olahraga merupakan suatu kegiatan yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Ada banyak olahraga yang bisa Anda pilih, seperti, lari, berenang, yoga, bermain tenis, ataupun olahraga lainnya.

Sebaiknya olahraga secara rutin minimal 15 sampai 30 menit setiap hari agar tubuh tetap sehat dan bugar.


3. Tidur yang Cukup

Tips hidup sehat berikutnya yaitu dengan tidur yang cukup. Sering kurang tidur dapat menimbulkan beberapa efek buruk, seperti meningkatkan risiko obesitas, hingga meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes.

Oleh sebab itu, sebaiknya usahakan tidur cukup selama 7 sampai 9 jam setiap harinya agar terhindar dari risiko-risiko itu.


4. Kendalikan Stres

Stres merupakan salah satu hal yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Oleh sebab itu, untuk mencapai hidup sehat, Anda disarankan untuk menjaga suasana hati dengan beberapa cara, seperti melakukan kegiatan yang disukai hingga relaksasi agar pikiran menjadi lebih tenang.


5. Hindari Kebiasaan Merokok dan Minum Alkohol

Tips hidup sehat berikutnya yaitu dengan menghindari kebiasaan merokok dan mengonsumsi minuman keras. Saat Anda merokok, maka racun akan masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan banyak masalah kesehatan, seperti gangguan paru-paru, reproduksi hingga memicu kanker.

Selain itu, dalam sebuah penelitian, disebutkan bahwa mengonsumsi alkohol dapat merusak sel dendritik tubuh (komponen yang cukup penting dalam sistem kekebalan tubuh).


6. Minum Air Putih yang Cukup

Air putih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Oleh sebab itu, pastikan Anda memenuhi kebutuhan itu dengan minum air putih 6 sampai 8 gelas per hari.

Mengonsumsi air putih secara cukup akan membantu memelihara fungsi organ di tubuh. Selain itu, kulit serta fungsi pencernaan pun akan berjalan dengan lancar.


7. Menjaga Berat Badan Ideal

Tips hidup sehat selanjutnya yaitu menjaga berat badan ideal. Kelebihan berat badan (obesitas) dapat meningkatkan risiko terserang berbagai jenis penyakit, seperti tekanan darah tinggi, kolesterol, penyakit jantung, diabetes tipe 2, stroke, hingga kanker.

Makanya, sebaiknya jaga berat badan ideal Anda dengan mengonsumsi makanan sehat serta rajin berolahraga.


8. Jaga Hubungan Baik dengan Orang Lain

Menjaga hubungan baik dengan orang lain memang sangat perlu! Rasa sepi kerap kali dikaitkan sebagai pemicu beberapa penyakit, terlebih pada orang yang baru sembuh dari operasi jantung.

Salah satu tips hidup sehat yaitu dengan menjaga hubungan baik dengan orang lain. Hubungan yang baik dengan orang lain akan memberikan sumbangsih pada kesehatan. 

Apabila orang-orang di sekitar Anda cenderung baik, maka pikiran juga akan lebih tenang dan Anda akan menjadi lebih sehat.

sumber | merdeka

Share:
Komentar

Berita Terkini