Bulan Mutu Karantina, Kampanyekan Masyarakat Gemar Makan Ikan Sehat

Editor: kairos author photo

 

Kepala Balai Perikanan Suardi dan Anggota DPR - Provinsi Fauzun Nihayah, S. HI, MH. foto | kairos-yan

KAIROS - KEMENTRIAN Kelautan dan Perikanan Balai Karantina ikan pengendalian mutu dan keamanan hasil perikanan Jayapura, menggelar kegiatan mutu Karantina. Seperti diketahui, kegiatan ini biasanya digelar sekali setahun. Kali ini, kegiatan dimaksud diadakan, Senin (5/7/2021) di Jalan Pasir No 6 Sentani Kabupaten Jayapura.

Kepala Balai Perikanan Suardi, Selasa (6/7/2021) menjelaskan, tujuan bulan mutu karantina tahun 2021 ini untuk mengkampanyekan agar masyarakat gemar makan ikan sehat dan menambah ilmu pengetahuan kandungan protein ikan yang sangat tinggi Omega Tiganya sehingga bisa meningkatkan imunitasnya melawan Covid-19. 

Ikan yang mengandung Omega Tiganya itu, kata Suardi, semua ikan yang bebas dari kolesterol tidak sama seperti daging – dagingan berwarna merah dan ikan dimaksud mengandung Omega Tiga, ikan lele, mujair, tuna, salmon dan itu sangat tinggi proteinnya,

Terlepas dari pembahasan ikan segar yang dikonsumsi masyarakat, Kepala Balai mengatakan kegiatan bulan mutu ini dimulai sejak tahun 2016 sampai sekarang ini tahun 2021.

''Tahun lalu kita melakukannya untuk warga masyarakat yang terdampak bencana Covid-19. Kemudian kita lanjut pada bulan puasa dengan membagikan 1.500 bungkus nasi ikan kepada masyarakat. Bukan saja muslim tapi kepada nasrani dan penganut agama lain pun kita bagikan,'' kata Suardi.

Tahun  ini, jabar Suardi lagi, bantuannya 500 dalam satu paket berisi otak – otak ikan segar Abon ikan kerupuk ikan, semuanya dari bahan ikan.

Sementara itu, Fauzun Nihayah, S.HI, MH juga mengatakan kegitan bulan mutu Karantina tahun 2021 tapi di tengah – tengah pandemi Covid-19 ada aspirasi khusus dari anggota DPR – RI, Sulaiman Al Hamzah Dapil Papua Nasdem yang memperjuangkan bagaimana kegiatan bulan mutu karantina ini juga ada paket yang diberikan kepada masyarakat. 

''Jadi itulah kepedulian beliau terhadap masyarakat di tengah–tengah pandemi Covid-19 sebagai wakil rakyat saya harus hadir.'' 

''Kebetulan Fauzun Nihayah sebagai badan eksekutif, aspirasi beliau yang dipercayakan mengelola program–program yang turun ke masyarakat. Saat ini Fauzun selaku anggota DPR Provinsi Papua mewakil Sulaiman Al Hamzah untuk tahun ini,'' katanya.

Kegiatan bulan mutu karantina ini disampaikan H Sulaiman Al Hamzah, bekerjasama dengan KIPM Jayapura bisa dirasakan masyarakat dan mengetahui cara mengonsumsi ikan yang sehat dan berprotein tinggi.

reporter | yan

Share:
Komentar

Berita Terkini