Hanya Mendengar Nama Otsus Tapi tak Menyentuh ke Masyarakat

Editor: kairos author photo

 

Anton Felle, tokoh masyarakat adat Kampung Yobeh. foto | KAIROS - yan

KAIROS - MENANGGAPI otonomi khusus OTSUS Papua oleh tokoh masyarakat adat Anton Felle mengatakan otsus itu apa tidak menyentuh masyarakat adat Sentani, Sabtu (17/7/2021) Kepada KAIROS saat mendatangi Anton di rumahnya di wilayah Komba kabupaten Jayapura.

Menurut Anton Felle, sendiri sebagai tokoh masyarakat adat di kampung yobeh tidak mendapat informasi tentang keuangan Otsus itu seperti apa dari pemerintah.

Bahkan masyarakat juga tidak mengetahui jika Otsus itu sudah diperpanjang dan disahkan pemerintah pusat, Kamis 16 Juli.   

''Kenapa tidak ada surat atau sosialisasi kepada kami sebagai tokoh masyarakat dan juga kepala suku lainnya terkait perpanjangan Otsus.''

''Andai kata Otsus itu bisa menyentuh ke masyarakat adat di seluruh tanah Papua maka pasti masyarakat tidak susah tentang ekonomi.''

''Saya pikir dana itu terlalu besar untuk menyejahteraan orang asli Papua OAP tapi ternyata kita hanya duduk dan mendengar saja nama OTSUS tapi angggarannya tidak menyentuh,” katanya.



Anton Felle menambahkan, jika otsus yang pernah menyentuh masyarakat pada waktu jaman Barnabas Suebu. ''Kami rasakan berupa program perumahan.''

''Setelah itu di tahun 2021 yang dirasakan tidak menyentuh seharusnya seperti ini bagiannya ada dan memang sempat mendengar informasi di radio terkait Otsus tapi kenapa tidak ada sosialisasi dan pemberitahuan kepada kami tokoh masyarakat adat,” Ujarnya.

''Sampai hari ini masyarakat belum mengetahui jika pemerintah pusat sudah mengambil keputusan bahwa OTSUS di perpanjang tanpa berkoordinasi dengan tokoh masyarakat adat,” Tandasnya.

reporter  | yan

Share:
Komentar

Berita Terkini