KABAR DUKA..!! Pesawat Kargo Boeing 737 Jatuh di Laut Hawaii

Editor: kairos author photo

Lokasi jatuhnya pesawat Kargo Boeing 737 di laut Hawaii. foto | alinea


KAIROS - PENDUDUK di sepanjang pesisir Honolulu, pada Jumat waktu setempat pagi dikejutkan jatuhnya pesawat kargo Transair 810 Boeing 737 di laut lepas pantai Hawaii. Pesawat diketahui mengalami masalah mesin, sehingga mendarat darurat di air, akhirnya tenggelam.

Dikutip dari BBC, Sabtu (3/6/2021), pesawat sedang dalam perjalanan dari Honolulu ke pulau Maui, ketika jatuh setelah lepas landas dari Bandara Internasional Daniel K Inouye. 

Penjaga antai menyelamatkan kedua pilot dari laut pada Jumat pagi. Salah satunya ditemukan di bagian ekor pesawat dan segera diterbangkan ke tempat yang aman.

Menurut pejabat dari departemen transportasi negara bagian, dikutip outlet lokal Hawaii News Now (HNN), korban diterbangkan ke Queen’s Medical Center dan dibawa ke perawatan intensif dalam kondisi kritis.

Tim penyelamat membawa pilot lainnya ke pantai dengan perahu, kata HNN. Dia dilaporkan dalam kondisi serius dengan cedera kepala.

Berdasarkan rekaman laporan langsung LiveACT bahwa sang pilot mengatakan terjadi masalah mesin sebelum pesawat menurun.

“Pilot melaporkan masalah mesin dan mencoba kembali ke Honolulu ketika mereka terpaksa mendarat di air,” tulis Federal Aviation Administration dalam pernyataannya.

Pesawat ini lepas landas dari Daniel K Inouye International Airport di Honolulu pada pukul 13.33 waktu setempat menurut Flightradar 24. Tak berapa lama setelah mengudara, pesawat itu mulai membelok ke kanan kemudian menginformasikan perubahan arah ke bandara terdekat, Bandara Kalaeloa.

Pilot dilaporkan tak mampu mempertahankan kecepatan dan ketinggian karena salah satu dari dua mesin Boeing 737-200 itu bermasalah. 

Menurut rekaman LiveATC dicurigai mesin lainnya ikut terkendala.

“Kami kehilangan satu mesin dan kami langsung menuju bandara,” kata salah satu kru pesawat yang meminta ke Air Traffic Controller menyediakan pemadam kebakaran di darat.

“Kami akan kehilangan mesin lain juga. Ini bekerja sangat panas,” kata kru itu.

Pesawat itu tak sampai ke bandara, melainkan jatuh terhempas sekitar dua mil laut ke selatan Kalaeloa.

Kru pesawat diselamatkan penjaga pantai, sedangkan yang lainnya diselamatkan petugas pemadam kebakaran setempat. 

Keduanya dibawa ke Queens Medical Center.

Menurut situs Transair, perusahaan menggunakan Boeing 737 sebagai angkutan kargo dan carter di Hawaii. Perusahaan ini berdiri sejak 1982.

CEO Transair Teimour Riahi mengatakan kedua kru saat ini sedang menjalani perawatan.

“Kami bekerja sama dengan penjaga pantai, FAA, dan NTSB untuk mengamankan lokasi dan menginvestigasi penyebab. Perhatian utama kami saat ini menjaga dan memulihkan kolega kami,” kata Riahi.

Pesawat yang jatuh diketahui diproduksi tahun 1975. Sertifikat kelayakannya terakhir dikeluarkan tahun 2015 dan kadaluwarsa tahun 2024.

sumber\foto | CNN/alinea/mistar/bbc

Share:
Komentar

Berita Terkini