Bayi Gigit Puting saat Menyusui, Jangan Dibentak, Nih Cara Mengatasinya

Editor: kairos author photo

foto | ibupedia


KAIROS – Bayi gigit puting saat menyusui, mungkin sering. Harus diakui, proses menyusui sangat penting bagi perkembangannya. Nah, masalah bagi ibu yang masih menyusui anaknya yang sudah tumbuh gigi, seringkali anak gigit puting susu ibunya. 

Kebiasaan ini bakal jadi masalah dan bisa melukai puting si ibu. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

dr. Elizabeth Yohmi, Sp.A seorang dokter Spesialis Anak sekaligus Konsultan Laktasi mengingatkan hal pertama yang tidak boleh dilakukan adalah dilarang membentak saat anak mengigit.

BACA PULA |  Ini Cara Aman Ibu Positif Covid-19 Beri ASI Si Kecil

“Cara menyampaikan ibu dengan baik itu juga diperlukan, ya kalau emang nyeri atau apa sakit ngomong sajalah,” ujar dr Elizabeth dalam sebuah diskusi Instagram Live @ayahbunda beberapa waktu lalu.

Tapi cara penyampaiannya pun harus benar dan bicara dengan jelas, tapi bukan dengan marah dan membentak.

Sampaikan rasa sakit dengan ekspresi dan anak bisa mengerti, meskipun anak belum bisa berbicara.

“Merubah ekspresi, itu salah satu teknik kita berkomunikasi dengan baik, karena biasanya anak tertawa saat ibunya berubah ekspresi, dan dia ingin tahu,” paparnya.

BACA SELENGKAPNYA | Begini Cara Memperbanyak ASI untuk Kebutuhan Bayi

Ada juga solusi lain saat anak punya kebiasaan itu, orangtua bisa memberikan biskuit atau pegangan sebagai pelampiasan gigitannya, mengingat biasanya anak yang tumbuh gigi akan cari pelampiasan rasa tidak nyamannya.

“Saat itu ya kasih makanan yang bisa digigit, biskuit, buah yang dislice untuk memenuhi keinginan anak menggigit-gigit,” imbuhnya.

JUGA BACA | Si Kecil Uhuk, Uhuk.. Cara Mengatasi Batuk pada Bayi di Rumah

Sementara itu, ada beberapa tanda anak sudah mulai tumbuh gigi, seperti sering meneteskan air liur, gusi bengkak dan memerah, mudah marah, lebih rewel, sering menangis, sulit tidur, hingga sering mengigit atau mengunyah dan mengisap sesuatu.

sumber\foto | suara\tempo

reporter | yey

Share:
Komentar

Berita Terkini