Bulu Mata Lentik, Begini Cara Memanjangkan dan Menebalkannya

Editor: kairos author photo

 

Bulu mata lentik. foto | jovee

KAIROS - BULU mata lentik, panjang, dan tebal akan membingkai mata juga membuatnya lebih terdefinisi. Mata yang terlihat besar dan terdefinisi itu tentu akan menambah daya tarik seorang wanita. 

Makanya, banyak orang rela mencari dan mencoba berbagai cara memanjangkan dan menebalkan bulu mata. Cara yang kini digemari oleh kebanyakan wanita adalah eyelash extension yang praktis. 

Dengan eyelash extension juga, Anda bisa mendapatkan bulu mata yang panjang dan lentik dengan cepat. Namun, cara ini pastinya memiliki risiko, plus hasilnya hanya sementara. Lalu, adakah cara lain untuk melebatkan bulu mata? 

Pertumbuhan bulu mata

Bulu mata tidak hanya menjadi pembingkai dan pemanis mata serta wajah, tapi juga melindungi mata dari kotoran. Bulu mata berperan sebagai sensor yang memperingatkan mata terhadap potensi bahaya dari benda yang mendekat. 

BACA PULA | Merawat Kecantikan Wajah di Malam Hari, Nih 10 Langkah Mudah

Panjang dan ketebalan bulu mata pada setiap orang tentu berbeda-beda. Siklus pertumbuhan bulu mata terdiri dari 3 fase, yakni:

> Katagen, yang merupakan fase dorman. Di tahap ini, bulu mata Anda tidak tumbuh ataupun rontok.

> Telogen, yang merupakan fase rontok. Pada tahap ini, bulu mata Anda akan rontok dengan sendirinya.

> Anagen, yang merupakan fase pertumbuhan. Nah, di tahap inilah bulu mata Anda akan tumbuh menggantikan rambut yang rontok. Pertumbuhan bulu mata sendiri terjadi secara bertahap dan tidak sebentar. Normalnya, bulu mata memerlukan waktu 3 bulan untuk tumbuh. 

Ada beberapa kondisi yang dapat memengaruhi kerontokan dan penipisan bulu mata. Misalnya saja pengobatan kemoterapi yang membuat sebagian besar rambut di tubuh jadi rontok, termasuk bulu mata. 

Gaya hidup yang tidak sehat, seperti malas membersihkan eyeshadow atau maskara, serta suka menggosok area mata terlalu kasar pun bisa mengganggu kesehatan mata dan pertumbuhan bulu mata Anda.



Cara memanjangkan dan menebalkan bulu mata

Bicara soal melebatkan bulu mata, prinsipnya satu. Perlakukan bulu mata Anda dengan lembut, layaknya rambut ini sangat rapuh. Kebiasaan sering menggosok-gosok mata atau menghapus makeup, bulu mata bisa rusak dan rontok sebelum waktunya. 

Karena siklus pertumbuhannya membutuhkan waktu 4 – 8 minggu, bulu mata yang rontok sebelum waktunya tidak akan tumbuh langsung. Akibatnya, bulu mata jadi terlihat jarang-jarang dan pendek.

Secara alami dengan perawatan rumahan dan suplemen

Sebelum Anda memutuskan untuk melakukan eyelash extension, ada banyak tips dan trik yang bisa dicoba sebagai cara melebatkan bulu mata. Termasuk menggunakan bahan-bahan alami dan mengonsumsi suplemen. 

BACA SELENGKAPNYA | Ini 9 Manfaat Body Spa, Baik untuk Kecantikan dan Kesehatan Mental

Malahan, beberapa orang sudah merasakan manfaat cara alami ini. 

Namun, akan lebih baik kalau Anda konsultasikan dulu dengan dokter kulit sebelum menggunakan bahan alami dan minum suplemen tertentu. Beberapa bahan dan suplemen tersebut mungkin dapat memicu reaksi alergi pada sebagian orang.

Berbagai bahan alami ini dapat membantu menghidrasi, melembabkan, dan menghaluskan bulu mata Anda, layaknya kondisioner. Selain itu, kondisioner tersebut akan menguatkan bulu mata, mencegahnya rontok sebelum waktunya, serta sedikit menebalkan. 

Hasilnya, bulu mata akan terlihat lebih tebal dan berkilau. Tapi sayangnya, kondisioner bulu mata tidak benar-benar menumbuhkan rambut ini. Meski begitu, bahan alami ini membantu menunjang pertumbuhan bulu mata sehat. Jadi, sah-sah saja jika Anda ingin memakainya. 

Cara alami menebalkan dan melebatkan bulu mata, antara lain:

1. Menyisir bulu mata

Menyisir bulu mata akan merangsang sirkulasi darah ke akar rambut untuk mendukung pertumbuhan bulu mata. Bonusnya, menyisir bulu mata dapat membersihkan debu dan kotoran yang membandel.

Sisirlah bulu mata Anda dua kali sehari dengan sikat khusus bulu mata atau kuas maskara bersih. Cara ini membantu membuat bulu mata Anda tumbuh lebih panjang, lembut, dan tebal.

2. Membatasi penggunaan penjepit bulu mata

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bulu mata harus diperlakukan dengan lembut. Gosokan pada bulu mata justru bisa merusak dan membuatnya rontok sebelum waktunya. 

Sebisa mungkin, kurangi pemakaian penjepit bulu mata dan bulu mata palsu, atau benar-benar menghindarinya. Gunakan keduanya ketika diperlukan saja.

3. Menggunakan petroleum jelly

Mengoleskan petroleum jelly pada bulu mata menjelang tidur selama tiga kali seminggu dipercaya dapat membantu menguatkan dan menebalkan bulu mata. Aplikasikan petroleum jelly dengan sisir bulu mata dan jangan lupa untuk membilasnya sampai bersih di pagi hari.

 4. Memakaikan teh hijau

Cara memanjangkan bulu mata satu ini terbilang cukup mudah. Seduh teh hijau dan biarkan selama beberapa saat sampai menjadi dingin. Anda bisa memakaikan teh hijau langsung pada bulu mata Anda dengan cotton bud.

Kandungan kafein dan antioksidan flavonoid pada teh hijau diyakini dapat mempercepat laju pertumbuhan bulu mata yang sudah ada sekaligus mendorong pertumbuhan rambut yang baru.

 5. Mengoleskan minyak zaitun

Minyak zaitun mengandung vitamin A dan E yang bermanfaat bagi kesehatan rambut, termasuk bulu mata. Minyak zaitun menyerap jauh ke dalam akar rambut dan pori-pori kulit kelopak untuk merangsang pertumbuhan bulu mata serta menjaga kekuatan batang rambut bulu mata.

SIMAK JUGA | 7 Manfaat Teh, Cegah Penuaan Dini di Wajah Anda

Oleskan satu tetes minyak zaitun langsung di pangkal bulu mata setiap malam dengan sisir bulu mata atau cotton bud. Harapannya, minyak zaitun akan mendorong pertumbuhan bulu mata yang lebih lentik dan tebal.

Anda dapat membiarkannya semalaman dan baru membilasnya di pagi hari atau hanya mendiamkannya selama 10 menit. Lakukan setiap malam agar mendapatkan hasil yang diinginkan. Umumnya, bulu mata mulai terlihat tebal setelah 1 – 2 bulan penggunaan rutin. Tetapi, hasil ini bisa berbeda-beda tiap orang.

5. Mengaplikasikan minyak kelapa

Minyak kelapa termasuk aman dipakai di sekitar mata. Selain berfungsi melembabkan dan melembutkan, minyak kelapa bisa menguatkan bulu mata. Bahkan, sebuah penelitian menunjukkan dengan memakai minyak kelapa pada rambut dan bulu mata dapat mencegah kehilangan proteinnya.

Oleskan satu tetes minyak kelapa ke bulu mata menggunakan sisir bulu mata, cotton bud, atau langsung dengan jari Anda.

Minyak lain yang memberikan hasil yang sama adalah minyak biji jarak alias castor oil, minyak almond, minyak wijen, minyak rosehip, hingga minyak argan.

6. Baluri dengan lidah buaya

Cukup oleskan sedikit gel lidah buaya langsung ke pangkal bulu mata Anda sebelum tidur dengan bantuan sikat maskara. Berkat kandungan vitamin dan nutrisinya yang kuat, lidah buaya dapat meningkatkan laju pertumbuhan bulu mata dan juga memperkuatnya.

 7. Mengonsumsi suplemen vitamin E

Vitamin E sudah sangat dikenal memiliki efek positif terhadap rambut. Zat gizi mikro satu ini ternyata diyakini mampu membantu menebalkan dan memanjangkan bulu mata. Vitamin larut air tersebut bekerja dengan memperkuat akar rambut demi mencegah bulu mata cepat rontok.

Kini sudah banyak produk vitamin E yang diformulasikan untuk rambut, termasuk bulu mata. Ada pula suplemen vitamin E yang dapat Anda konsumsi untuk menunjang kesehatan rambut dan menstimulasi pertumbuhan sehatnya. 

Walaupun perawatan rumahan itu diyakini dapat merawat dan menebalkan bulu mata, Anda tetap perlu berhati-hati. Soalnya, cara-cara di atas belum memiliki bukti ilmiah yang menunjukkan efektivitasnya.

sumber\foto | jovee

reporter | yey


Share:
Komentar

Berita Terkini