Di Ladang Warga Dairi, 200 Batang Ganja Disita Polisi

Editor: kairos author photo

Polisi saat mengamankan ladang ganja milik warga Dairi. foto | mistar

 

KAIROS – Reaksi cepat Kepolisian Resort Dairi (Polda Sumatera Utara) membuahkan hasil. Polisi mengamankan pemilik ladang ganja berinisial KS warga Desa Parbuluan IV, Kecamatan Parbuluan, Kabupaten Dairi. KS ditangkap Tim Gabungan Polres Dairi dari perladangan Lae Bottar Desa Parbuluan VI Kecamatan Parbuluan, Minggu (29/8/2021).

AKP Rudi Sitorus, Kasat Narkoba Polres Dairi membenarkan penangkapan itu, Minggu (29/8/2021).

BACA PULA | Mahasiswa di Sumut Nekat Jual Ganja, Pidana 7 Tahun Penjara

“KS ditangkap dan diamankan Tim Gabungan Polres Dairi dari perladangan Lae Bottar Desa Parbuluan VI Kecamatan Parbuluan, Minggu (29/8/21) beserta barang bukti tanaman ganja yang jumlahnya kurang lebih 200 batang dengan ukuran bervariasi. Ganja itu ditanam secara berbaris berdampingan dengan tanaman cabai, kentang dan jeruk serta di antara semak-semak,” ujar AKP Rudi Sitorus.

Polisi menyebut penemuan tanaman ganja itu bersadasarkan informasi masyarakat. Dari informasi itu, dibentuk tim dari Polres Dairi dan Polsek Parbuluan, untuk penelusuran.

Setelah sebelumnya KS diamankan dulu di rumahnya.

SIMAK SELANJUTNYA | Pelaku KDRT 'Gol' Kasus Sabu, Lagu Lamanya Jebak Ucok

Menurut pengakuan tersangka kepada polisi di lokasi, ganja tersebut ditanam sendiri di ladang orang tuanya dan di ladang orang lain dengan cara menyamarkan bersama tanaman lainnya. KS diduga sudah profesional tentang cara menyamarkan tanaman ganja dengan tanaman lain atau bak tanaman tumpang sari diladang.

Kepala Desa Parbuluan Hadir

Saat pencabutan barang bukti (ganja) di ladang orang tua KS, polisi melibatkan Kepala Desa Parbuluan IV, Arnot Sagala, Camat Parbuluan Rafael Siringo-ringo, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan masyarakat lainnya.

Selanjutnya Kapolres Dairi AKBP Ferio Sano Ginting langsung memimpin penangkapan dan turun tangan mencabut pohon ganja di perladangan itu.

Dalam keterangannya Ferio Sano Ginting mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada masyarakat yang telah menginformasikan tentang adanya perladangan yang ditanami Narkotika jenis ganja tersebut.

“Kami Polres Dairi tetap mengharapkan kerjasama yang sudah terjalin baik antara masyarakat dan Polres Dairi tetap berkesinambungan. Kronologis dari pengungkapan ladang ganja berawal dari informasi masyarakat Desa Parbuluan IV kepada personil Polsek Parbuluan. Bahwasanya ada ladang ganja ditemukan di ladang milik Marga Simanjuntak,” terangnya.

JUGA DIBACA | Inilah 6 Tanda-tanda Anda Kecanduan Seks

Kapolsek Parbuluan AKP M Agus Santoso langsung berkoordinasi dengan Sat Narkoba Polres Dairi dan menuju ke lokasi ladang itu bersama personil Polsek Parbuluan melakukan pengintaian di ladang itu dan mengamankan seorang tersangka.

sumber\foto | mistar

reporter | Ommin Keloko

Share:
Komentar

Berita Terkini