Di Sumut, Kafe Digerebek, Seorang Wanita Ditemukan Positif Covid-19

Editor: kairos author photo

 

Seorang wanita saat diperiksa petugas gugus. foto | mistar 

KAIROS - SEORANG wanita ditemukan terpapar Covid-19 saat Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Pematangsiantar yang tergabung dari sejumlah instansi forum komunikasi pimpinan daerah, menggerebek sebuah kafe di Jalan Melati Kelurahan Simarito, Kecamatan Siantar Barat, Kota Pematangsiantar, Sabtu (21/8/2021) malam.

Menurut Pardomuan Nasution, Camat Siantar Barat, sidak protokol kesehatan yang mereka lakukan berlangsung pada pukul 22.00 WIB, hingga 23.30 WIB.

“Kita melaksanakan Swab Antigen kepada pengunjung kafe yang melanggar ketentuan waktu dan prokes,” ujar Pardomuan, Minggu (22/8/2021).

BACA PULA | Biar Sudah Vaksin COVID-19, Penting Jaga Daya Tahan Tubuh

Adapun kafe yang disidak Satgas yakni, kafe Kerabat Coffee. 

Dikatakan Pardomuan, kafe itu melewati batas waktu operasional dan tidak menerapkan prokes terkait jumlah pengunjung dan penggunaan masker.

“Di kafe Kerabat Coffee, ada 23 orang pengunjung yang diSwab Antigen. Hasilnya, ditemukam satu orang wanita bernama, Nur Nabila (21) warga Jalan Sadum yang terkonfirmasi positif lewat hasil Swab,” ungkap Pardomuan.

Pardomuan menambahkan, pasca Swab Antigen pihaknya turut membina pengunjung yang negatif, diminta pulang dan tidak mengulangi ke luar rumah malam hari.

BACA SELENGKAPNYA | Ini Olahraga dan Latihan Pernafasan Pasien Isoman Covid-19

“Terhadap 1 orang yang terkonfirmasi, dilaporkan ke LO (Liaison Officer) Satgas Covid-19, untuk diteruskan ke Satgas Kota dengan petunjuk akan dilakukan penjemputan ke rumah yang bersangkutan untuk menjalani perawatan di lokasi isoter,” tuturnya.

Setelah pembinaan, kata Pardomuan, wanita yang terkonfirmasi positif itu diantar pulang dan diedukasi agar tidak melakukan kontak dengan siapapun hingga sampai penjemputan tim Satgas Covid-19.

JUGA BACA | Penting, Edukasi Prokes Covid-19 pada Anak

Mengenai kafe yang melanggar Surat Edaran Walikota, sambung dia, sudah dimohonkan agar pemiliknya ditindak. 

“Dan untuk itu, sudah kami serahkan kepada Koordinator Tim Gakkum Satgas Kota Pematangsiantar.” 

sumber\foto | mistar

reporter | pws

Share:
Komentar

Berita Terkini