Hilangkan Bau Ketiak yang Menjengkelkan, Begini Caranya

Editor: kairos author photo

 

Keringat bisa muncul di area tubuh mana saja, terlebih pada daerah lipatan seperti ketiak. Ini pula yang bisa menimbulkan bau tak sedap. foto | iStockphoto/spukkato

KAIROS - ADA 15 cara menghilangkan bau ketiak (red, ketek) yang bisa Anda coba di rumah. 15 cara ini diyakini ampun membuat Anda terbebas dari masalah bau ketiak.

Bau ketiak tak cuma bikin Anda tidak percaya diri (pede), tetapi juga menganggu kenyamanan orang lain di sekitar. Berikut 15 cara menghilangkan bau ketiak yang dikutip dari Boldsky dan Timesofindia, Selasa (31/8/2021).

1. Gunakan Garam Batu

Masukkan garam batu ke dalam ember berisi air hangat. Aduk rata sampai larut lalu gunakan air ini untuk mandi. Ini memiliki sifat pembersihan dan juga menghilangkan keringat ekstra.

2. Semprotkan cuka sari apel

Ambil 1 cangkir cuka sari apel dan campur dengan 1/2 setengah cangkir air. Taruh di botol semprot dan gunakan setiap malam di ketiak Anda sebelum tidur. Cuci dengan air hangat di pagi hari.

3. Gunakan kentang

Potong irisan tipis kentang dan gosokkan pada ketiak selama 30 menit. Cuci dengan air dan bau ketiak Anda akan memudar.

TOPIK TERKAIT | STOP..!!! Jangan Cukur Bulu Ketiak Anda, Ini Manfaatnya!

4. Oleskan soda kue dengan lemon

Ambil 2 sendok makan soda kue dan campur dengan satu sendok makan jus lemon. Buat pasta. Pijat campuran di ketiak selama 10 menit dengan gerakan memutar. Cuci bersih dengan air.

5. Gunakan jus tomat

Campur jus tomat dengan jus lemon. Oleskan campuran tersebut selama 10 menit di sekitar ketiak Anda dan kemudian bersihkan dengan air dingin.

6. Pakai sabun mandi anti-bakteri

Bakteri itulah yang dapat membuat ketiak bau, bukan keringat Anda. Carilah sabun mandi dengan Benzoyl Peroxide, yang dapat membantu mengurangi bakteri dan mencegah bau badan.

BACA JUGA | Keringat Dingin Jangan Pernah Dianggap Remeh!

7. Selalu keringkan ketiak

Tidak dikeringkan dengan benar sebelum memakai deodoran juga bisa memicu bau tak sedap. Pastikan Anda mengeringkan diri dengan benar sebelum memakai deodoran.

8. Mengganti produk yang berbeda

Seringkali, deodoran atau antiperspirant tertentu tidak menyatu dengan kulit kita. Jika Anda merasa semprotan Anda tidak berhasil, maka Anda harus mengubah merek atau produk Anda. Terkadang lotion dan parfum Anda tidak berfungsi dan malah membuat ketiak Anda berbau tidak sedap.

9. Pakai pembersih tangan

Jika Anda tidak memiliki antiperspirant atau deodoran, Anda dapat menggunakan pembersih tangan untuk hasil yang cepat. Solusi penangkal kuman ini dapat membantu menjinakkan bau tak sedap. Namun, jika Anda baru saja mencukur atau melakukan waxing, Anda harus menghindari cara ini karena kulit bisa terbakar.

10. Gunakan sari buah lemon 

Perlu kamu tahu, sari buah lemon juga bisa dipakai mengusir bau ketiak. Oleskan sari buah lemon ke ketiak dan biarkan sampai kering. Anda bisa memakainya sebagai deodoran alami yang menghasilkan aroma segar pada ketiak.

11. Gel lidah buaya

Lidah buaya mengandung antioksidan yang berfungsi melawan perkembangbiakan bakteri. Cukup campurkan dua sendok makan gel lidah buaya dengan satu sendok makan madu. Oleskan ramuan itu selama 30 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan perawatan ini minimal tiga kali dalam sepekan.

12. Jangan cuma sekali oles

Terkadang hanya mengoleskan satu kali deodoran atau antiperspiran yang tidak membantu. Anda perlu menutupi saluran keringat dengan benar. Oleh karena itu Anda perlu menerapkan ini beberapa kali di sekitar ketiak sebelum beraktivitas.

13. Oleskan deodoran hingga bagian dalam

Hanya mengoleskan deodoran di bawah ketiak juga keliru. Coba mengoleskan deodoran hingga bagian dalam untuk mencegah pengelupasan kulit.

SIMAK PULA | Musim Hujan, Awas Masalah Penyakit Kulit Mengancam

14. Jangan langsung pakai deodoran usai bercukur

Banyak dari kita memiliki kebiasaan menggunakan deodoran segera setelah mencukur bulu ketiak kita. Hal ini menyebabkan iritasi dan gatal-gatal, bahkan hingga infeksi kulit yang pada akhirnya menyebabkan bau. Oleh karena itu, sebaiknya tunggu beberapa saat setelah Anda bercukur, lalu gunakan antiperspiran atau deodoran jenis apa pun.

15. Jangan gunakan deodoran di pagi hari saja

Lebih baik menggunakan deodoran pada malam hari, sebelum tidur. Karena, pada malam hari tubuh cenderung tidak berkeringat. Dengan begitu, tidak banyak keringat yang keluar ke permukaan kulit ketiak di pagi hari. Cara ini cukup ampuh untuk mengatasi bau ketiak yang meresahkan.

sumber\foto | Boldsky/Timesofindia/merdeka/cnnindonesia

reporter | yey

Share:
Komentar

Berita Terkini