Ini 2 Sosok Nama Cawagub Papua, Kenius Kogoya dan Yunus Wonda

Editor: kairos author photo

 

Refa Hesegem, Ketua Papua Milenial Community (PMC). foto | yan-KAIROS

KAIROS - MASUKNYA Kenius Kogoya sebagai salah satu calon Wakil Gubernur (Cawagub) Papua merupakan angin segar bagi kaum milenial Papua sehingga Generasi Muda Papua yang tergabung di dalam Papua Milenial Community (PMC) meminta agar Koalisi Papua Bangkit Jilid II bijak dengan mengesampingkan kepentingan kelompok.

"Masuknya nama bapak Kenius Kogoya di dalam bursa Cawagub tentu memberikan angin segar bagi kaum milenial Papua," ujar Refa Hesegem, Ketua Papua Milenial Community (PMC) ketika memberi keterangan (17/8/2021).

BACA PULA | Sering Diejek Jomblo, Belum Mapan, Teman Kerja Dibunuh

Menurutnya selama ini situasi seakan dikondisikan bahwa hanya para tokoh-tokoh masyarakat yang bisa masuk berlaga untuk menduduki jabatan Bupati dan Gubernur.

Padahal, banyak generasi muda Papua yang punya potensi baik dibidang politik, ekonomi, dunia usaha, dan lainnya yang tidak mendapat kesempatan.

"Papua besar dengan segala kompleksitas permasalahan yang ada, butuh hadirnya generasi milenial yang melek teknologi, politik dan juga perkembangan zaman agar mengimbangi perkembangan zaman," ucap Refa.

BACA SELENGKAPNYA | Di Medan, Mayat Wanita Tergantung di Pagar Rumah Warga

Dia juga memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Gubernur karena dari kedua calon yang ditetapkan terdapat sosok yang mewakili kaum Milenial yaitu Kenius Kogoya.

"Tongkat estafet kepemimpinan untuk Papua sudah seharusnya dimulai dari sekarang. Apalagi seorang tokoh disandingkan dengan seorang milenial tentu akan memberikan dampak yang luar biasa," kata Refa.

Melihat dinamika politik yang terjadi di Papua dalam hal ini kekosongan seorang Wakil Gubernur yang akan mendampingi Gubernur Papua Lukas Enembe, Ketua PMC meminta agar segera ditetapkan Parpol Koalisi dengan bijak dan mengesampingkan kepenting kelompok.

"Sesuai jadwal yang ditetapkan yaitu 18 Agustus 2018 keputusan final  untuk kedua nama yang sudah ditetapkan oleh Bapak Gubernur Lukas Enembe yaitu Bapak Yunus Wonda dan Bapak Kenius Kogoya," ungkapnya.

BACA SAJA | Tak Terima Restu Camer, Seorang Dokter Bakar Bengkel, 3 Tewas

Refa Hesegem menambahkan, Pemerintahan harus berjalan normal, tidak bisa dibiarkan pincang tanpa hadirnya wakil Gubernur untuk mendampingi bapak Gubenur.

"Tidak ada manuver- manuver politik yang hanya mengutamakan kepentingan pribadi dan atau kelompok tertentu, sementara kepentingan Papua dikesampingkan, oleh sebab itu apa yang telah diputuskan, jangan ada pimpinan parpol yang masih mau memanuver lagi untuk kepentingan pribadi dan kelompok tertentu," harapnya.

Dua nama yang telah disetujui Gubernur itu, Refa menilai layak dan tentunya sudah melalui pertimbangan yang matang dari Gubernur, terutama menyangkut aspek kesehatian di dalam menjalankan roda pemerintahan nantinya.

"Kami Papua Milenial Community akan terus kawal proses PAW Wakil Gubernur hingga tuntas sehingga Gubernur tidak sendirian dalam menjalankan roda pemerintahan di Tanah Papua. Kami juga berharap agar kalau bisa Wakil Gubernur sudah ada sebelum PON dilaksanakan," pungkasnya.

reporter | yan

Share:
Komentar

Berita Terkini