Ini 5 Makanan yang Bisa Bantu Turunkan Stres

Editor: kairos author photo

 

Stres bisa membahayakan kesehatan tubuh. foto | pixabay

KAIROS - STRES, salah satu bagian dari kehidupan manusia, dan stes merupakan salah satu indikator wajar saat kita mengalaminya. Namun, bukan berarti menurunkan tingkat stres tidak diperlukan, karena stres berkepanjangan dapat menimbulkan masalah kesehatan. Duh!

BACA PULA | Mengenal Makanan Pereda Stres, Ampuh Usir Kesal

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan tingkat stres. Salah satunya adalah mengonsumsi makanan tertentu, yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk memperbaiki suasana hati. Apa saja makanan yang dimaksud?

Teh Herbal

Minum secangkir teh herbal hangat, seperti teh chamomile atau teh lavender, adalah salah satu cara untuk membantu membuat diri merasa lebih tenang. 

SIMAK JUGA | Wow, 5 Manfaat Bermain Catur, Cek No 5

Pilihan lainnya, Anda bisa coba teh hijau. Kandungan flavonoidnya juga bisa mendukung kesehatan otak.

Cokelat Hitam

Cokelat hitam dapat mengurangi stres dengan dua cara, melalui dampak kimianya dan dampak emosionalnya. Rasa manis cokelat dapat menyuguhkan rasa senang dan membantu mengurangi stres. Selain itu, cokelat hitam juga kaya akan antioksidan, yang dapat menurunkan kadar hormon stres dalam tubuh.

Alpukat

Alpukat mengandung asam lemak omega-3, yang dapat mengurangi stres dan kecemasan, meningkatkan konsentrasi, dan memperbaiki suasana hati. Buah ini juga mengandung fitokimia, serat, dan nutrisi penting untuk tubuh.

Ikan

Terutama ikan berlemak seperti salmon, tuna, halibut, herring, dan mackerel, bisa jadi pilihan makanan untuk menurunkan tingkat stres. 

BACA JUGA | 10 Manfaat Makan Ikan, Menyehatkan Tubuh Loh

Hal ini karena kandungan asam lemak omega-3, yang dapat meningkatkan fungsi otak yang

Makanan yang Mengandung Probiotik

Probiotik atau bakteri baik dapat meningkatkan kekebalan tubuh, serta meningkatkan pencernaan dan penyerapan nutrisi. Kesehatan usus yang terjaga dapat memengaruhi suasana hati secara positif. Beberapa makanan kaya probiotik adalah yoghurt, kefir, kombucha, miso, kimchi, dan makanan fermentasi lainnya. 

sumber | mistar\halodoc

reporter | yey

Share:
Komentar

Berita Terkini