IPSI Turunkan Full Kelas untuk Kejurda Papua

Editor: kairos author photo

 

Tim Pencak Silat Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) Kota Jayapura yang siap tarung. Kini mereka masih butuh dukungan pemerintah. foto | yan -KAIROS

KAIROS -Target Juara Umum pada Kejuaraan Daerah (Kejurda) ditingkat Provinsi Papua, Tim Pencak Silat Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) Kota Jayapura berharap mendapatkan dukungan dari Pemerintah.

Dalam persiapan menuju Kejurda Papua, Tim Pencak Silat IPSI Kota Jayapura merekrut 4 pelatih dan beberapa asisten yang berasal dari masing-masing perguruan dengan target juara umum.

"Kita persiapan secara maksimal untuk menyiapkan tim ini agar bisa meraih paling tidak juara umumlah," ujar Mayor (Purn) H Suprat selaku Manager Tim Pencak Silat IPSI Kota Jayapura saat ditemui Kairos Kamis (12/8/2021) di Gor Waringin Kotaraja Kota Jayapura.

Suprat juga menjelaskan untuk atlit yang diturunkan full kelas.

Kategori tanding putra kelas A sampai J dan untuk putri kelas A sampai H selain itu untuk kategori Seni yakni Tunggal Baku, Ganda dan Beregu juga menurunkan putra dan putri.

foto | yan - KAIROS


Untuk dukungan pihaknya mengakui masih sangat minim dan masih menyesuaikan dengan keadaan sesuai petunjuk Ketua Umum IPSI Kota Jayapura.

"Dukungan masih minim, belum ada dukungan. Kita IPSI masih berusaha mandiri, sesuai petunjuk Ketua Umum, kita menyesuaikan dengan keadaan dana yang ada," ungkap Manager Tim.

Pihaknya juga masih mengharapkan adanya dukungan dari berbagai pihak terutama Pemerintah Kota Jayapura.

Disisi lain Rahmat, Kepala Pelatih Tim Pencak Silat IPSI Kota Jayapura mengatakan untuk memaksimalkan kesiapan Tim dengan keterbatasan waktu yang dimiliki pihaknya terus melakukan pemantapan, penajaman dan finising.

"Sampai saat ini semua kondisi atlit semuanya dalam kondisi fit, semangat sesuai dengan harapan kita. Fit untuk atlit siap tanding, sudah siap turun arena," tegas Rahmat.

 

Rahmat menargetkan dapat memperoleh hasil yang terbaik yakni juara umum 1 dan juga sangat mengharapkan dukungan dari Pemerintah Kota Jayapura baik secara moril maupun materi.

foto | yan - KAIROS


Selain itu dia juga menjelaskan dalam timnya untuk kategori tanding putra sekitar 70% Orang Asli Papua (OAP), tanding putri 100% OAP tetapi untuk kategori Seni lebih dominan non OAP.

Nyait Fredi Matuan salah satu atlit OAP yang bertanding di kelas E putra mengatakan dirinya telah mengikuti latihan dengan sangat baik dan siap bertanding untuk meraih emas.

"Puji Tuhan saya siap bertanding untuk meraih emas dan untuk teman-teman yang lain semua pasti bisa karena latihannya sangat serius pasti semua bisa meraih juara."

reporter | yan

Share:
Komentar

Berita Terkini