Kesehatan Gigi dan Mulut, 5 Manfaat Kumur Air Garam

Editor: kairos author photo

 

Larutan air garam baik untuk kesehatan gigi dan mulut. foto | popmama

KAIROS - Garam tak cuma jadi salah satu bumbu penyedap masakan. Tapi di balik kunci kenikmatan setiap masakan, garam  ternyata juga menyimpan manfaat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut secara menyeluruh. 

Sejak zaman peradaban dulu, di mana orang-orang belum mengenal sikat dan pasta gigi, kumur air garam merupakan ritual wajib untuk mencegah sekaligus meredakan berbagai masalah gigi dan mulut. 

Tak main-main, manfaat berkumur dengan air garam ini pun sudah dibuktikan melalui banyak penelitian ilmiah.

Manfaat Penting Kumur Air Garam untuk Gigi dan Mulut

Sejumlah manfaat yang bisa Anda dapatkan dari berkumur air garam:

1. Meredakan Sakit Gigi

Sakit gigi memang jadi hal paling menjengkelkan. Sensasi nyut-nyutan yang muncul di area gigi yang bermasalah sering kali dapat menghambat penderitanya untuk beraktivitas. 

Kabar baiknya, melarutkan ½ sendok teh garam ke dalam segelas air hangat kemudian dipakai untuk kumur dapat membantu meredakan sakit gigi. 

Penelitian menemukan, garam memiliki kandungan antibakteri dan antiradang yang efektif melawan bakteri dan mengurangi peradangan akibat infeksi.

2. Menyingkirkan Bau Mulut

Bau tak sedap yang keluar dari mulut dapat menurunkan rasa percaya diri dan menyebabkan kecemasan berlebihan pada seseorang. 

Kondisi ini sendiri dapat disebabkan oleh banyak faktor, tapi umumnya disebabkan oleh bakteri di dalam mulut yang berkembang biak secara tidak terkendali akibat kebersihan mulut yang buruk. Bakteri yang mengendap di gigi dan mulut ini kemudian menghasilkan gas yang membuat napas jadi berbau tidak sedap. Berkumur dengan air garam dapat membantu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut tersebut.

3. Mengatasi Sakit Gusi

Hasil dari sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal PloS ONE pada tahun 2016 mengungkapkan bahwa kumur air garam sangat bermanfaat dalam mempercepat proses penyembuhan gusi yang meradang akibat sisa makanan, plak, dan bakteri yang menumpuk. Peradangan pada gusi ini disebut gingivitis. 

Gingivitis merupakan infeksi gusi akibat bakteri yang ditandai dengan gusi bengkak, berwarna kemerahan, gampang berdarah, dan terasa nyeri saat mengunyah, menggigit atau bahkan bicara.

4. Hilangkan Partikel Makanan yang Tersangkut di Gigi

Partikel sisa makanan yang menyelip di gigi tentunya menjadi sangat mengganggu. 

Kondisi ini pun harus segera ditangani sebelum sisa makanan yang terselip tersebut menumpuk dan pada akhirnya berubah menjadi plak gigi. Namun, ketimbang mengorek area sela-sela gigi menggunakan tusuk gigi, kamu bisa mengatasinya dengan cara yang lebih aman yakni berkumur dengan air garam setidaknya selama 30 detik. 

Jika makanan yang tersangkut menyelip di sela gigi, maka kamu dapat melanjutkan dengan menyikat gigi ataupun flossing dengan teknik yang benar.

5. Meringankan Gejala Sariawan

Berkumur dengan air garam juga dipercaya dapat membantu meredakan rasa tidak nyaman akibat sariawan sekaligus membantu proses pemulihan. Garam mempercepat penyembuhan luka dengan mengurangi peradangan dan pertumbuhan bakteri di dalam mulut. 

Bahkan hasil sebuah penelitian menyebutkan bahwa berkumur dengan air garam direkomendasikan sebagai obat alami untuk membantu mengatasi sariawan pada anak-anak.

Itulah berbagai manfaat yang bisa kamu dapatkan dari kumur dengan air garam. Kamu juga bisa menjaga kesehatan gigi dan mulutmu dengan rutin berkumur menggunakan Pepsodent Mouthwash Active Defense atau sejenisnya.

Selain kumur air garam, jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan gigi & mulut Anda dengan sikat gigi secara teratur ya! Terutama setiap pagi & malam sebelum tidur. Selamat mencoba!

sumber\foto |  tanyapepsodent\popmama

reporter | yey

Share:
Komentar

Berita Terkini