Nelson Pasaribu: ''Perkenalkan Yospan Tradisional, Kearifan Lokal Budaya Papua''

Editor: kairos author photo
Nelson Pasaribu, Sekretaris Dinas Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Jayapura. foto | yan-KAIROS

KAIROS -  Pembukaan pemanfaatan kegiatan olahraga dalam rangka melestarikan Yospan  tradisional dalam masyarakat yang dilaksanakan Dinas Pemuda dan Olahraga (DISPORA) Kabupaten Jayapura, Kamis (5/8/2021) digelar di Stadion Barnabas Youwe.

foto | yan-KAIROS

Adapun tujuan  kegiatan ini untuk menyosialisasikan Yospan di sekolah supaya dapat dilestarikan sekaligus memperkenalkannya sebagai  kearifan lokal Senam Budaya orang asli Papua.

''Kemudian kita lihat Animonya anak–anak SD itu memang sangat luar biasa karena didaftar yang  kami minta 150 tapi dua ratusan yang datang, ini menjadi motivasi  bagi kami supaya  bagaimana kegiatan sosial inj bisa  berkelanjutan di tahun berganti tahun untuk dilestarikan yospan tradisionalnya,” kata Nelson Pasaribu. selaku Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga.

Mereka, kata Nelson Pasaribu, akan memulai oalahraga senam Yospan ke tingkat Distrik dan target mereka 23 anak sekolah SD yang diikutkan setiap SD 5 orang sekaligus dengan gurunya. 

Kemudian, sambung dia, 5 orang  dari masing–masing perwakilan SD itu nantinya yang akan menjadi duta supaya dapat mengajari teman–teman sesama,” katanya.

23 anak sekolah ini, menurut Nelson Pasaribu, perwakilan. 

''Jika  jangka panjangnya kita buat Yospan Sekabupaten Jayapura maka ke depan kita sudah punya sendiri regu atau tim Yospan tradisional untuk Kabupaten Jayapura,” jelasnya.

foto | yan - KAIROS

Dasar Yospan, Gale Gale, seka, pacul tiga dan jet itu merupakan salah satu kearifan lokal budaya Papua yang harus diperkenalkan.

''Sehingga, harapan kami dari DISPORA untuk kegiatan ini ke depan akan ada kerjasama antara DISPORA dan Dinas Pendidikan sekaligus mempersiapkan Yospan tradisional ini lebih mapan di tahun 2022 mendatang,” jabar Nelson Pasaribu.

reporter/foto | yan

Share:
Komentar

Berita Terkini