Pandemi, Ini 6 Olahraga untuk Meningkatkan Imun Tubuh

Editor: kairos author photo

 

Push up salah satu olahraga yang mampu meningkatkan imun tubuh. foto | fimela

KAIROS - Sekadar tahu saja, kunci menjaga kesehatan tidak hanya cukup dengan menerapkan pola makan sehat, tetapi juga olahraga secara teratur. Ada banyak manfaat dari rutin berolahraga, mulai dari meningkatkan kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah, hingga meningkatkan sistem imun tubuh.

Secara alami, sistem kekebalan tubuh atau imunitas akan meningkat jika rutin olahraga. Sebab, pergerakan yang terjadi pada tubuh mampu memacu aliran darah dan getah bening.

BACA PULA | 12 Kebiasaan Orang Sehat di Pagi Hari, Termasuk Anda?

Selain itu, sirkulasi sel-sel kekebalan juga meningkat yang memungkinkan sel dan zat dari sistem kekebalan untuk bergerak di dalam tubuh dengan bebas sehingga mampu melakukan tugasnya secara efisien.

Ada banyak macam olahraga sederhana yang bisa kamu lakukan di rumah. Jika dilakukan secara rutin, maka imunitas tubuhmu akan terjaga. Apa saja? berikut selengkapnya.


1. Jalan kaki

Tidak diragukan lagi, berjalan kaki memiliki banyak manfaat kesehatan jika dilakukan secara teratur. Jalan kaki dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan dapat memperkuat mekanisme pertahanan alami tubuh kamu.

SIMAK JUGA | Jalan Kaki Sehat, tak Cuma untuk Fisik, Tapi Juga Mental Loh

Bahkan, Harvard Health Publishing menyebutkan sebuah penelitian yang menemukan mereka yang berjalan selama 20 menit setiap hari memiliki risiko jatuh sakit yang lebih rendah.


2. Lompatan dari sisi ke sisi

Tambahkan variasi lompatan atau gerakan dari sisi ke sisi dalam olahraga kamu. Latihan sederhana ini membantu menjaga sistem kekebalan tubuh.

Cara ini juga dapat meningkatkan stabilitas, koordinasi, dan kekuatan dalam tubuh kamu.


3. Squat

Squat, jika dilakoni secara teratur dapat mengencangkan kaki dan memastikan tubuh tetap kuat secara fisik dengan meningkatkan sirkulasi darah. Sebagian besar latihan ini adalah latihan kardiovaskular yang memompa oksigen ke dalam tubuh dan meningkatkan stamina dari waktu ke waktu.

Cobalah berdiri di lantai dan jaga jarak kaki selebar bahu. Turun secara perlahan, saat turun kamu harus menarik napas. Jaga punggung kamu tetap lurus saat kamu turun. Pastikan lututmu tidak melebihi jari kaki kamu atau kamu akan melukai lutut dan punggung.


4. Push-up

Nah, push up sangat bagus untuk latihan ketahanan. Melakukan push-up selama 20-30 kali dapat meningkatkan sirkulasi darah. Untuk push-up sederhana, berbaringlah dengan telapak tangan di dekat dada dan angkat tubuh kamu dengan menekan telapak tangan.

Jika kamu tidak bisa melakukanya, lakukan push-up dengan berlutut. Namun, pastikan kamu miliki matras untuk menopang lutut.


5. Pilates

Tak hanya bagus untuk fleksibilitas dan membangun kekuatan, pilates juga berdampak besar pada sistem kekebalan tubuh. 

BACA SELENGKAPNYA | Selain Jalan Kaki, 7 Olahraga Ini Mampu Turunkan Berat Badan

Tahukah kamu bahwa sistem limfatik dan pernapasan sangat penting untuk sistem kekebalan? Gerakan ritmis Pilates merangsang aliran darah dan aliran getah bening yang diperlukan untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat.


6. Naik turun tangga

Jika rumah kamu dilengkapi dengan tangga, manfaatkan tangga sebagai alat untuk olahraga sederhana. Caranya, cukup naik dan turun tangga selama 10-15 menit, sebanyak dua sampai tiga kali per hari.

Seperti jalan cepat, naik turun tangga juga termasuk jenis olahraga aerobic. Latihan kardiovaskular ini juga akan membakar sejumlah besar kalori dan meningkatkan metabolisme.

Terlepas dari jenis olahraga yang kamu lakukan di rumah untuk meningkatkan imunitas tubuh, perhatikan intensitasnya. 

Nah, untuk meningkatkan sistem imun, disarankan melakoni latihan fisik dengan intensitas sedang. Hindari latihan fisik dengan intensitas berat karena bisa melemahkan daya tahan tubuh. Semoga ini bermanfaat. Selamat mencoba!

sumber\foto | fimela

reporter | yey

Share:
Komentar

Berita Terkini