Sering Mengantuk Setelah Ngopi, Ini Penyebabnya!

Editor: kairos author photo

 

Setelah ngopi jadi ngantuk. foto | antara

KAIROS - Merasa mengantuk setelah minum kopi tampaknya berlawanan dengan pandangan umum tentang kopi. Pasalnya, kandungan kafein kopi malah baik untuk membuat mata melek.

Tetapi ada sebagian orang yang justru mengantuk setelah minum kopi. Alasan kita lelah sepanjang hari adalah karena zat kimia saraf yang disebut adenosin menumpuk dan melewati reseptor. 

Ini menyebabkan sel-sel saraf menjadi kurang aktif dan pembuluh darah di otak melebar.

BACA PULA | Rokok dan Kopi, Perpaduan Berbahaya bagi Jantung

Singkatnya, tubuh Anda mendapat pesan bahwa sudah waktunya untuk beristirahat. Tetapi karena kafein menyerupai adenosin, ia mengikat reseptor-reseptor ini sebagai gantinya atau menghalangi adenosin yang sebenarnya untuk melewatinya dan mencegah tubuh Anda melambat.

Meskipun kafein dapat membuat Anda tetap terjaga untuk sementara waktu dengan cara ini. Namun, tidak menyebabkan semua adenosin itu hilang selamanya.

"Hanya karena otak kita tidak lagi memproses adenosin tidak berarti ia berhenti memproduksinya," kata salah satu penyedia perawatan tidur Aeroflow Healthcare, Michelle Worley, dilansir dari mentalfloss, Jumat (27/8/2021).

"Ketika kafein habis, Anda akan mengalami penumpukan adenosin yang membuat Anda merasa lebih lelah," lanjut Worley.

Dikutip dari Republika, kondisi ini tidak seperti mendapatkan ledakan energi setelah makan sesuatu yang manis, hanya untuk segera lelah setelahnya. 

Dan berbicara tentang gula, jika racikan kopi Anda melibatkan banyak komposisi, itu juga dapat berkontribusi pada kelelahan pasca-kopi. Meskipun frekuensi dan tingkat keparahan "serbuan gula" dan "kerusakan gula" sering dilebih-lebihkan.

SELENGKAPNYA BACA | Cek Fakta dan Efek Minum Kopi Saat Bergadang, Ternyata...

Ada juga kemungkinan kualitas diuretik kafein dapat menyebabkan dehidrasi, yang dapat membuat Anda merasa lelah dan menyebabkan Anda mengantuk setelah minum kopi. Walaupun beberapa penelitian menunjukkan bahwa kafein tidak membuat kita dehidrasi sebanyak yang selama ini diyakini. 

Terakhir, Anda mungkin telah membangun toleransi yang begitu tinggi terhadap kafein sehingga kondisi mengantuk setelah minum kopi terjadi. 

"Sayangnya, cara terbaik untuk mengatasi hal ini adalah dengan mengurangi asupan kopi harian Anda," ucap Worley.

sumber\foto | ayobandung\mentalfloss\antara\republika

reporter | mey


Share:
Komentar

Berita Terkini