Simak Tips Nyaman Naik KA Selama Pandemi

Editor: kairos author photo

 

PT KAI selama pandemi menetapkan peraturan baru yang wajib ditaati setiap penumpang.
foto | wowmenariknya

KAIROS - NYAMAN naik KA, mungkin bagi sebagian orang. Banyak orang yang belum mengetahui bagaimana menciptakan kenyamanan naik KA itu.

Naik kereta api sudah menjadi favorit banyak orang. Namun selama masa pandemi ini ada berbagai aturan baru yang perlu kamu tahu agar kamu bisa tetap berangkat tanpa hambatan. 

Aturan baru ini bertujuan untuk membuat perjalanan tetap nyaman dan aman bagi penumpang. Intinya, aturan ini ada untuk melindungi kamu sebagai penumpang kok, jadi harus tetap diikuti agar perjalananmu nyaman dan aman ya.

Tidak perlu khawatir, menjadikan momen naik kereta aman selama pandemi bukan hal yang sulit. Kamu bisa mengikuti tips-tips berikut ini agar perjalanan kamu ke kota tujuan tetap asyik, dan juga aman.



1. Beli Tiketnya Online Saja

Selama pandemi, kita semua disarankan untuk belanja online saja untuk menghindari kontak dengan orang lain. Dan kalau kamu jadi sering checkout di marketplace, beli tiket kereta api online pun sama mudahnya lho! Pakai Traveloka misalnya. Kamu tinggal buka website maupun aplikasinya, lalu masukkan kota tujuan dan tanggal keberangkatan lalu cari jadwal yang paling sesuai dengan rencanamu.

Anda juga bisa mengurutkan hasil pencarian berdasarkan harga termurah ke yang paling mahal dan jam berangkat paling pagi hingga paling malam Jika sudah ketemu jadwal keberangkatan yang pas, tinggal lanjutkan ke pembayaran dan etiket pun akan dikirim ke email maupun tersimpan di akun kamu. Mudah sekali bukan?

2. Siapkan Dokumen Perjalanan

Aturan dokumen perjalanan untuk naik kereta api jarak jauh di masa pandemi ini bersifat dinamis yang artinya bisa berubah sesuai kondisi penanganan virus corona di Indonesia. Kamu perlu mengetahui syarat naik kereta api terbaru agar tidak salah bawa dokumen yang ujung-ujungnya bisa tak diijinkan naik kereta.

BACA JUGA | Bawa Surat Swap Antigen/Sertifikat Vaksin! Ada Penyekatan di Pintu Tol Dumai

Contohnya di masa PPKM ini kamu diwajibkan menunjukkan sertifikat vaksin minimal dosis pertama dan membawa hasil negatif tes RT-PCR yang dilakukan maksimal 2×24 jam atau rapid test antigen yang dilakukan maksimal 1×24 jam sebelum berangkat. Bawa dua ‘dokumen sakti’ ini di tas kamu agar bisa melanjutkan perjalanan kamu.

3. Tiba di Stasiun Lebih Awal

Meski jadwal berangkat kereta lebih fleksibel dibanding naik pesawat misalnya, namun selama pandemi ini kamu disarankan tiba di stasiun paling tidak 2 jam sebelum jam berangkat. Hal ini karena di masa pandem ini ada persyaratan baru naik kereta api yang perlu diantisipasi. 

Misalnya pemeriksaan berkas perjalanan bisa lumayan menghabiskan waktu, bayangkan jika ada banyak yang mengantre, pasti kamu juga harus antre bukan?

Maka dari itu untuk mengantisipasi adanya antrian dalam pemeriksaan dokumen penting perjalanan, terutama di masa PPKM, ada baiknya kamu tiba lebih awal di stasiun ya.

4. Harus Pakai APD Standar

Ini bukan hal yang baru lagi. Ya, memakai alat pelindung diri (APD) standar sudah jadi bagian protokol kesehatan yang wajib dilakukan. Kamu wajib pakai masker dengan benar, sementara face shield dan sarung tangan tidak diwajibkan namun tetap boleh dipakai.

Kamu juga disarankan memakai masker double, dimana masker lapisan pertama adalah masker medis lalu ditimpa dengan masker kain. Ini berguna untuk memastikan masker melindungi rapat area hidung dan mulut serta meningkatkan kemampuan masker dalam menyaring partikel udara.

BACA SELENGKAPNYA | Suami Sudah Tiada, Anak Bunuh Ibu Gegara Telat Masak Nasi

Selain itu, kamu juga disarankan pakai pakaian dengan lengan panjang atau bisa memakai jaket untuk melindungi kulit dari kontak langsung dengan orang lain selama di stasiun atau di atas gerbong.



5. Patuhi Instruksi Petugas

Dimanapun kamu berada, bukan cuma di stasiun tapi juga di tempat umum lainnya, jangan lupa untuk selalu mengikuti instruksi petugas ya. 

Petugas di stasiun biasanya akan memberikan instruksi terkait penerapan protokol kesehatan di area stasiun dengan ketat, seperti jangan berkerumun, selalu menjaga jarak dengan orang lain, memeriksa suhu badan semua calon penumpang dan sebagainya.

6. Tidak Berbicara Selama di Atas Gerbong

Salah satu protokol kesehatan yang ditetapkan PT KAI adalah penumpang dilarang berbicara dengan penumpang lainnya maupun melakukan/mengangkat panggilan telepon yang sifatnya tidak darurat.

Hal ini bertujuan untuk mengurangi droplet yang ada di dalam gerbong. Selain membuat perjalanan kamu aman, aturan ini juga membuat gerbong semakin tenang dan kamu pun bisa tidur atau menikmati pemandangan dengan tenang.

Nah itulah tadi 6 tips aman dan nyaman naik kereta api di masa PPKM ini. Pastikan kamu selalu update syarat terbaru naik kereta api di masa pandemi agar tidak salah dokumen dan gagal berangkat ya. 

Selain itu baw ajuga barang-barang wajib bepergian selama pandemi, seperti masker cadangan, hand sanitizer an juga desinfektan untuk menjaga kebersihan diri selama perjalanan. 

Nah, selamat bepergian nyaman dengan kereta api ya! Semoga tiba di tujuan dengan selamat.

sumber\foto | wowmenariknya

reporter | yey

Share:
Komentar

Berita Terkini