Terimbas PHK, Merantau Berjualan Umbul-umbul di Sentani

Editor: kairos author photo

 

Dudung, pedagang umbul-umbul di Sentani, Kabupaten Jayapura. foto | yan-KAIROS

KAIROS - MENYONGSONG  Dirgahayu Republik Indonesia ke 76 di 17 Agustus mendatang, pasti diramaikan dengan hiasan bendera merah putih. Selain itu background panggung dan umbul–umbul yang penuh warna–warni kini mulai banyak yang dijual.

Salah satu pedagang Umbul-umbul Dudung yang berjualan di pinggir jalan atau akses Utama Sentani Abepura mengaku pihaknya mulai menjual pada 23 Juli 2021.

Dudung  menjelaskan penjualan umbul-umbul yang dijual itu bermacam model yaitu: seperti background panggung untuk hiasan rumah yang biasa di pasang di depan rumah. kemudian ada juga bendera tiang dengan umbul-umbul warna warni.

Dudung sewaktu diwawancarai KAIROS mengaku dirinya awalnya bekerja di sebuah perusahaan. Sayangnya di PHK karena pengurangan karyawan.  

''Sehingga melanjutkan dengan pekerjaan bangunan setelah selesaikan proyek bangunan hanya tinggal saja di rumah,” katanya.

Hal ini membuat bingung mau cari kerja dimana lagi sehingga menganggur selama 1 tahun. ''Terpaksa saya merautau berjualan umbul-umbul  di Sentani,” jelasnya.

Bagaimana dengan penghasilan Anda? Ditanya begitu, Dudung mengaku penghasilan yang diperoleh cukup lumayan, didapatkan selama sepekan sekitar 2 jutaan rupiah dan itu menjadi modal untuk pemesanan barang lagi di Bandung.

''Adapun selama berjualan di Sentani, pribadi saya belum ada langganan khusus tapi saya bersyukur karena hanya menjual eceran saja lumayan pembelinya,” sebut Dudung 

reporter | yan

Share:
Komentar

Berita Terkini