Tidur Tanpa Bantal, Ini 8 Manfaat yang Ternyata Menyehatkan

Editor: kairos author photo

 

Tidur tanpa memakai bantal, ternyata bermanfaat bagi kesehatan kita. foto | sehatq

KAIROS - TIDUR tanpa bantal, kenapa tidak? Hmmm, perkara tidur memang setiap orang tentu punya selera berbeda-beda. Ada yang suka tidur pakai bantal, ada pula yang tak mau menggunakannya.

Jika Anda salah satu yang kerap tidur menggunakan bantal, tak ada salahnya untuk coba tidur tanpa bantal sesekali. 

Pasalnya, ada berbagai manfaat tidur tanpa bantal bagi kesehatan yang bisa Anda dapatkan.

Tidur tanpa bantal Bermanfaat 

Bantal telah menjadi teman setia untuk menemani tidur. Tak hanya itu, bantal juga bisa membuat tidur menjadi lebih nyaman. Namun, ternyata ada beberapa manfaat tidur tanpa bantal yang bisa Anda dapat, lho. Apa sajakah?

1. Memperbaiki postur tubuh

Tidur menggunakan bantal sebenarnya bertujuan untuk menjaga tulang belakang dalam posisi yang lurus. Dengan ini, leher dan seluruh tubuh Anda akan lurus sehingga mendukung postur tubuh yang baik saat tidur.

Tetapi, saat Anda tidur tengkurap, meletakkan bantal di punggung dapat membuat tulang belakang menjadi lebih baik.

Tulang belakang tidak bisa netral karena sebagian besar berat badan ada di tengah-tengah tubuh. Kondisi ini dapat menambah tekanan pada punggung dan leher sehingga tulang belakang sulit untuk mempertahankan lekukan alami.

Selain itu, manfaat tidur tanpa bantal bisa membuat kepala menjadi rata sehingga mengurangi tekanan pada leher dan meningkatkan keselarasan.

Meski demikian, manfaat tidur tanpa bantal tidak bisa didapatkan bagi Anda yang kerap tidur dengan posisi telentang atau miring. Ini karena tidur tanpa bantal dalam posisi tersebut berisiko membahayakan postur tubuh.

2. Mencegah nyeri punggung

Salah satu manfaat tidur tanpa bantal adalah mencegah nyeri punggung. Ya, postur tubuh yang salah adalah alasan utama banyak orang mengalami sakit punggung. Hal ini tak terlepas oleh pemilihan bantal yang salah.

BACA PULA | Simak Cara Agar Tidur Siang Efektif, Segarkan Pikiran

Beberapa orang memilih bantal sesuai dengan lekukan alami tulang belakang mereka sehingga justru menghasilkan lebih banyak lengkungan tulang belakang. Oleh sebab itu, tidur tanpa bantal jauh lebih baik bagi Anda daripada tidur menggunakan bantal.

3. Mencegah nyeri leher

Ketika tidur, leher harus sejajar dengan kasur. Jika menggunakan bantal, biasanya keinginan untuk memalingkan kepala ke kanan dan kiri tidak bisa dihindari. Hal tersebut yang dapat menyebabkan peregangan sendi leher dan otot sehingga menyebabkan nyeri leher.

Dengan tidur tanpa bantal, kepala Anda akan beristirahat dalam posisi alami sehingga mencegah kerusakan saraf. Selain itu, manfaat tidur tanpa bantal juga dapat merilekskan otot leher yang tegang.

4. Memperbaiki keselarasan tulang

Aktivitas yang Anda lakukan sehari-hari dapat memengaruhi postur tulang. Maka dari itu, manfaat tidur tanpa bantal dapat membantu mengurangi efek ini serta mengembalikan postur tubuh Anda menjadi normal.

5. Mencegah stres

Tidur menggunakan bantal dapat mengganggu kualitas tidur karena Anda mungkin saja terus gelisah mengubah posisi. Jika berlangsung terus menerus, hal ini bisa membuat Anda stres.

BACA JUGA | Nih Cara Menjaga Kualitas Tidur di Masa Pandemi

Manfaat tidur tanpa bantal bisa membuat Anda tidur lebih nyenyak. Dengan peningkatan kualitas tidur, tingkat stres Anda secara alami akan berkurang.

6. Mencegah timbulnya jerawat dan kerutan di wajah

Saat tidur menggunakan bantal, banyak orang yang memiliki kebiasaan tidur dengan menempelkan salah satu sisi wajahnya ke bantal. Padahal, bantal bisa saja merupakan tempat berkembang biaknya bakteri.

Jika Anda tidur dengan satu sisi wajah, bakteri yang bersarang pada sarung bantal mungkin dapat berpindah ke wajah Anda sehingga menyebabkan jerawat. Kebiasaan ini juga dapat memungkinkan Anda memiliki kerutan karena tekanan kepala di bantal sepanjang malam.

Maka dari itu, tak ada salahnya Anda tidur tanpa bantal guna mencegah timbulnya jerawat dan kerutan di wajah.

7. Mengurangi alergi

Tak sedikit orang yang memiliki alergi debu. Penggunaan bantal saat tidur dapat memperburuk kondisi tersebut. Ya, seperti yang diketahui, bakteri, debu, kotoran, dan hal lainnya cenderung dapat mengendap dan masuk ke bantal seiring waktu.

Ketika hal tersebut bersentuhan dengan wajah maka kondisi alergi Anda bisa semakin parah. Karena itu, tidur tanpa bantal bisa menjadi salah satu cara untuk mengurangi alergi.

8. Mencegah sindrom datar kepala bayi

Jika bayi tidur menggunakan bantal lembut terlalu lama, kemungkinan Si Kecil menderita sindrom kepala datar. Kondisi ini dapat membuat kepala bayi menjadi rata di salah satu sisinya. Atas alasan tersebut, bayi sebaiknya disarankan tidur tanpa bantal. 

Tips tidur tanpa bantal

Jika Anda selalu tidur menggunakan bantal, kini saatnya Anda mencoba tidur tanpa bantal. Bagi Anda yang belum terbiasa, mungkin dapat mempertimbangkan beberapa tips berikut ini:

1. Menggunakan selimut

Secara bertahap, kurangi penggunaan bantal di kepala Anda saat tidur. Alih-alih langsung segera melepas bantal, Anda bisa memulainya dengan menggunakan selimut atau handuk tebal yang dilipat. Jika sudah terbiasa, Anda mungkin siap tidur tanpa bantal selanjutnya.

2. Letakkan bantal pada bagian tubuh lain

Ketika Anda tidur tengkurap, letakkan bantal di bawah perut dan panggul guna membantu tulang belakang tetap dalam kondisi netral. Jika Anda tidur telentang, letakkan bantal di bawah lutut serta letakkan di antara lutut apabila Anda tidur dalam posisi menyamping.

3. Pilih tempat tidur yang tepat

Manfaat tidur tanpa bantal akan lebih maksimal bila Anda tidur di kasur yang tepat. Jenis kasur yang terlalu keras atau lunak dapat membuat tulang belakang mengendur sehingga berisiko menyebabkan sakit punggung.

Memang belum banyak penelitian yang membahas manfaat tidur tanpa bantal. Meski demikian, secara umum, tidur tanpa bantal bisa diterapkan apabila Anda tidak tidur dalam posisi tengkurap atau menyamping.

Jika Anda memiliki keluhan nyeri leher atau punggung, atau kondisi skoliosis, tidur tanpa bantal dapat berisiko membahayakan. 

Maka, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu guna mendapat rekomendasi posisi tidur yang tepat sebelum memutuskan tidur tanpa bantal.

sumber\foto | sehatq

reporter | yey


Share:
Komentar

Berita Terkini