Urus Adminduk, Disdukcapil Kabupaten Jayapura 'Jemput Bola'

Editor: kairos author photo


Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Kadisdukcapil) Kabupaten Jayapura, Herald J Berhitu menyerahkan dokumen kependudukan kepada Kepala Kampung Nimbokrang 1, Tita Puspitasari, Jumat (27/8/2021) foto | RZR-KAIROS

Layanan Terpadu untuk Penyandang Disabilitas di Nimbokrang

KAIROS - Sebagai langkah untuk membantu penyandang disabilitas yang rentan administrasi kependudukan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Jayapura dibawah kepemimpinan Kepala Dinas (Kadis) Herald J Berhitu, S.Pd, M.Pd, bersama Tim Pelayanan Terpadu Disdukcapil Kabupaten Jayapura memberi pelayanan langsung.

Layanan langsung dimaksud lewat jemput bola terhadap salah satu Penyandang Disabilitas Fisik (Tuna Rungu) bernama Sayem di Kampung Nimbokrang 1, Distrik Nimbokrang, Kabupaten Jayapura, Jumat (27/08/2021).

BACA PULA | 5 Olahraga Ringan Pagi, Bikin Badanmu Sehat Bugar

Kadis Dukcapil Kabupaten Jayapura, Herald J. Berhitu, S.Pd, M.Pd, menjelaskan Jumat (27/8/2021) Dinas Dukcapil melakukan jemput bola pelayanan terpadu administrasi kependudukan (Adminduk) terhadap salah seorang penyandang disabilitas fisik (tuna rungu) untuk Perekaman KTP elektronik dari kampung Nimbokrang, distrik Nimbokrang, kabupaten Jayapura yang difasilitasi Kepala Kampung Nimbokrang 1, Tita Puspitasari.

Kadisdukcapil Herald mengatakan, penjemputan langsung Penduduk Rentan Administrasi Kependudukan ini bertujuan membantu atau memfasilitasi Penyandang Disabilitas memperoleh Dokumen Administrasi Kependudukan.

SELENGKAPNYA BACA | Jangan Dilarang, Ini Manfaat Anak Main Sepak Bola

“Kami melakukan pelayanan terpadu langsung kepada mereka yang memang kadang mengalami kesulitan karena cacat fisik sehingga mereka sulit berjalan atau tidak memahami tentang administrasi kependudukan," katanya.

Hal serupa dialami orang-orang Lansia (Lanjut Usia) yang belum memiliki NIK dan belum pernah melakukan perekaman e-KTP.

Menurut Herald, penyandang disabilitas warga Kampung Nimbokrang 1 ini, tidak pernah mengurus administrasi kependudukan (KTP), karena yang bersangkutan sangat tertutup dan sangat susah diajak ke Disdukcapil untuk mengurus dokumen kependudukan akibat cacat fisik yang diderita bersangkutan.

"Jadi kemarin kita mengadakan pelayanan ke Distrik Nimbokrang, kebetulan ada satu warganya yang tuna rungu dan orangnya sangat tertutup sekali. 

Sehingga untuk mengajak beliau ke Disdukcapil itu agak susah, jadi ketika ibu kepala kampung Nimbokrang, Tita menghubungi ke kantor Disdukcapil Kabupaten Jayapura, kami langsung membentuk tim kemudian mengadakan jemput bola pelayanan terpadu di Kampung Nimbokrang 1, Distrik Nimbokrang," sebut Kadis Herald Berhitu kepada wartawan media online ini, Sabtu (28/8/2021) sore.

SIMAK PULA | Awas, Bahaya Pakai Masker Basah Akibat Olahraga

Apakah untuk kaum disabilitas lain akan dilakukan hal yang sama? Jika iya, bagaimana alur prosedurnya mengingat masih dalam kondisi PPKM Level 4? Apakah Disdukcapil melakukan pendataan atau hanya menunggu adanya laporan saja? 

Ditanya begitu, Herald memaparkan, Disdukcapil akan mendata Penduduk Rentan Administrasi Kependudukan dan akan berkoordinasi dengan pemangku kepentingan terkait seperti Dinas Sosial.

“Ya kita akan lakukan pendataan Penduduk Rentan Administrasi Kependudukan, termasuk Koordinasi Kerja dengan pemangku kepentingan terkait seperti Dinas Sosial," ujarnya.

Sampaikan Lewat WhatsApp

"Pada prinsipnya kami sebagai abdi negara siap melayani semaksimal mungkin sesuai kemampuan kami, dalam Pelayanan Dokumen Administrasi Kependudukan bagi masyarakat termasuk penyandang disabilitas," tambahnya.

Kadis Herald juga mengimbau jika ada warga masyarakat Kabupaten Jayapura yang mempunyai anggota keluarga penyandang disabilitas yang belum perekaman e-KTP atau belum punya dokumen kependudukan lainnya, dapat disampaikan melalui WhatsApp Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jayapura, sehingga dapat dijemput langsung pihak Dinas untuk Perekaman e-KTP atau pelayanan dokumen kependudukan lainnya. 

reporter | RZR

Share:
Komentar

Berita Terkini