Wanita 18 Tahun Lahirkan Bayinya Sendirian Hasil Hubungan Gelap, Lalu Dibuang

Editor: kairos author photo
Ibu kandung bayi saat ditanyai polisi. foto | lintangnews

KAIROS - HASIL hubungan gelap hingga sesosok bayi berjenis kelamin perempuan dibuang di tempat sampah. Lokasi penemuan bayi itu terjadi di Dusun III Desa Perkebunan Aek Tarum, Kecamatan Bandar Pulau, Kabupaten Asahan, Rabu (11/8/2021). Beruntung polisi sudah mengamankan ibu kandung sang bayi itu.

 “Motif bayi dibuang untuk menutupi aib perbuatan di luar nikah,” ujar Kapolres, AKBP Putu Yudha Prawira, Kamis (12/8/2021).

BACA SELENGKAPNYA | Suami Bunuh Bayi Hasil Hubungan Gelap dengan Adik Ipar

Kapolres menjelaskan, tersangka berinisial VP (18) terancam percobaan pembunuhan, dengan ancaman 15 tahun penjara ditambah perlindungan anak 3 tahun 6 bulan. Tersangka membuang bayi dari hubungan gelapnya ke selokan menggunakan ember.

“Kita juga masih melakukan pengembangan terkait bapak dari bayi itu,” ujar Kapolres didampingi Kasat Reskrim, AKP Rahmadani dan Kapolsek Bandar Pulau, AKP AY Siregar.

Ibu kandung yang diamankan polisi.

Sesuai pengakuan pelaku, diketahui perbuatan membuang bayi itu dilakoni VP sendirian. Termasuk melahirkan tanpa bantuan orang lain

Sementara itu untuk terkait pengasuhan, Kapolres akan berkoordinasi dengan Komisi Perlindungan Anak Daerah (KPAD) Asahan dan Dinas Pengendalian Penduduk, KB, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) Pemkab Asahan.

Dari penangkapan pelaku, polisi sempat mengamankan barang bukti  berupa 1 kain sarung warna merah yang digunakan pelaku saat melahirkan bayi. 

Kemudian, sepotong celana pendek, sepotong celana dalam. Juga sepotong ranting kayu panjang satu meter terdapat bercak darah.

BACA JUGA | Kisah Mahasiswi Akper, Buang Bayi Hasil Hubungan Gelap

Sementara itu Awaluddin dari KPAD Asahan mengatakan, ayah kandung dari bayi itu dapat dikenakan Undang-Undang (UU) Perlindungan Anak. Pasalnya, ibu kandung bayi saat hamil masih dikategorikan usia anak-anak dimana ketika mengandung masih berusia 18 tahun kurang 1 bulan. 

sumber\foto | lintangnews

reporter | yey


Share:
Komentar

Berita Terkini