Cara Minum Kopi Salah, Bisa Turunkan Fungsi Otak

Editor: kairos author photo

 

Ada batasan minum kopi. Bila berlebhan, membahayakan kesehatan. foto | dok KAIROS

KAIROS - SEBAGIAN besar kita mungkin sepakat Kopi, salah satu minuman sehat yang punya ragam manfaat untuk tubuh kita. Diketahui, di dalam kopi ini mengandung zat antioksidan yang tinggi. Lantas kalau diminum dengan cara yang tepat, kopi bisa meningkatkan imunitas tubuh yang sangat berguna. 

Tidak itu saja, kopi digunakan sebagai minuman pembakar lemak, selanjutnya baik untuk kesehatan otak.

Tapi ini berbanding terbalik manakala cara minum kopi yang salah menyebabkan masalah kesehatan terutama otak. 

BACA PULA | Rokok dan Kopi, Perpaduan Berbahaya bagi Jantung

Setidaknya 3 kesalahan minum kopi yang harus dihindari, itu jika kamu tak ingin fungsi otakmu menurun.

1. Minum Kopi Berlebihan Memicu Demensia

Kesalahan pertama, meminum kopi yang bisa menurunkan fungsi otak adalah mengonsumsi secara berlebihan. Meski menyehatkan, namun ada batasan tertentu untuk meminum kopi. Mayo Clinic menilai, batas kafein masuk dalam tubuh, dalam porsi aman  bagi orang dewasa sebanyak 400 miligram atau maksimal 4 cangkir kopi per hari.

ARTIKEL TERKAIT | Cek Fakta dan Efek Minum Kopi Saat Bergadang, Ternyata...

Diimbau untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi kopi karena bakal merusak fungsi otak. 

Penilaian Nutritional Neuroscience dalam studinya pada Juni 2021 silam, menyebutkan minum kopi 6 cangkir atau lebih bisa meningkatkan risiko demensia.

2. Larut Malam Meminum Kopi 

Selanjutnya, kesalahan yang dianggap fatal jika kamu meminum kopi di malam hari. Kenapa? Nah, meminum kopi pada malam hari justru bikin kamu jadi terjaga, bahkan kualitas tidur bisa-bisa terganggu.

Nina Riggin, Direktur Headache and Traumatic Brain Injury Center di University of California San Diego menjelaskan terganggunya kualitas tidur berdampak buruk bagi otak. Karena, keesokan harinya membuat kamu susah konsentrasi saat beraktivitas.

3. Kopi Terlalu Banyak Gula

Ini pun dianggap salah fatal. Studi tahun 2019 yang diterbitkan Clinical Interventions in Aging menemukan kandungan gula dalam kopi dapat merusak manfaat kopi itu sendiri terlebih fungsi kognitif yang buruk. 

SIMAK  BAIK-BAIK | Berapa Kali Sih Batas Aman Minum Kopi dalam Sehari? Nih Kata Pakar

Apalagi jika dikonsumsi orang yang punya kadar gula darah tinggi, menambahkan gula berlebihan pada kopi bisa mengecilkan otak. Parahnya, bakal  mengecilkan pembuluh darah. Semoga info ini bermanfaat untuk kita semua sahabat KAIROS.

sumber\foto | detikfood\mistar\dokumen KAIROS

reporter | yey

Share:
Komentar

Berita Terkini