Ini 5 Jenis Olahraga yang Ampuh Usir Stres

Editor: kairos author photo

 

Rutin berolahraga seperti ini, dianggap mampu mengusir stres. foto | dokumen KAIROS

KAIROS - ''MENGATASI gangguan kesehatan mental, cukup diatasi dengan cara berolahragalah secara teratur.'' 

Sejumlah jenis olahraga ini dianggap ampuh mengusir stres, baik dilakoni sendirian, maupun beregu. 

Salah satu olahraga itu sepak bola. Soalnya, bila dimainkan secara ‘seru-seruan’ sepakbola tentu dapat meningkatkan rasa bahagia karena terjadi banyak interaksi pada setiap pemainnya.

BACA PULA | Mengenal Makanan Pereda Stres, Ampuh Usir Kesal

Stres yang tak mampu dikuasai bisa menurunkan produktivitas, bahkan memicu gangguan mental sejenis depresi. 

Penting diketahui pula, banyak cara kita untuk mengusir stres, salah satunya berolahraga teratur! 

Jenis Olahraga Pereda Stres

Jadi inilah 5 jenis olahraga yang bisa mengusir stres Anda:

1. Tenis Lapangan dan Tenis Meja

Olahraga tenis (termasuk tenis meja)  salah satu latihan kardio yang baik mengusir rasa stres Anda. Jenis olahraga ini mencegah gangguan kesehatan terutama yang berhubungan dengan stres, seperti tekanan darah tinggi hingga penyakit jantung. Karena tenis sebaiknya dimainkan secara berpasangan, artinya Anda tetap terhubung dengan orang lain.

SIMAK PULA | Ini 5 Makanan yang Bisa Bantu Turunkan Stres

Jika Anda mendapatkan poin dalam permainan ini, ada perasaan puas dan bangga. Ini otomatis mengurangi stres yang sedang membebani pikiran Anda. 

2. Yoga

Yoga, olahraga jenis ini ampuh untuk mengusir stres. Yoga melibatkan kekuatan tubuh dan pikiran. Gerakan-gerakan yoga, diharuskan agar seseorang harus memfokuskan pikirannya, sehingga secara perlahan pikiran akan menjadi lebih tenang. 

Selain itu, gerakan-gerakan ini adalah bentuk latihan kekuatan yang dapat membuat tubuh lebih tangguh dan fleksibel. 

Jika rutin dan secara fokus, gerakan yoga bisa mengurangi ketegangan fisik akibat stres. 

3. Jalan Santai atau Jalan Cepat

Nah, aksi jalan kaki jenis ini bisa mengurangi stres yang Anda alami. Sebab, jalan kaki sangat mudah dilakoni dan tidak butuh peralatan khusus. 

Selain itu, berjalan bisa mengurangi risiko berbagai gangguan kesehatan yang berhubungan dengan stres. 

Misalnya penyakit diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, hingga kardiovaskuler. 

ARTIKEL LAINNYA | Tertawalah, karena Itu Menyehatkan dan Segarkan Pikiran

Jalan santai atau jalan cepat ini dianggap mampu memanjakan mata ketika berkeliling di sekitar kompleks Anda. 

Anda bisa menikmati rindangnya pepohonan, atau pemandangan lain saat melakoni olahraga jenis ini.

4. Menari

Selain una menyalurkan bakat seni tari, menari pun ternyata mampu memberi manfaat fisik, mental, hingga emosional. Pasalnya, menari meningkatkan kelincahan tubuh ketika bergerak. 

Gerakan menari juga dapat meningkatkan detak jantung, sehingga jantung dapat lebih sehat. Sementara itu, manfaat menari bisa mengurangi stres.

Ketika Anda berusaha untuk menyamakan ritme tarian agar gerakannya tetap kompak. Hal ini dapat mengalihkan pikiran dari berbagai masalah. Sehinga hal ini bisa memberikan hiburan bagi otak, rasa takut atau cemas pun lama kelamaan berangsur reda.

5. Sepak Bola

Sepak bola, salah satu olahraga yang punya banyak pola aerobik hingga berdampak baik untuk kesehatan. Ini dianggap mampu mengurangi risiko penyakit kronis tertentu seperti penyakit jantung, hingga stroke. 

Terlebih kombinasi antara berlari, berjalan, berlari dan menendang bisa mengurangi tekanan darah, meningkatkan stamina, pengurangan lemak tubuh, otot menjadi kuat dan masih banyak lagi manfaat yang diperoleh dari jenis olahraga ini.

Selain itu, sebenarnya masih banyak jenis olahraga yang mampu mengusir stres Anda.

Tentunya dengan cara berolahraga secara rutin, namun tak berlebihan. Ini penting agar segala manfaatnya itu bisa diperoleh maksimal sekaligus menghindari cedera yang ditimbulkan akibat menggeluti olahraga ini. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

reporter | yey

sumber\foto | halodoc

Share:
Komentar

Berita Terkini