Ini 7 Penyebab Mulut (sering) Terasa Pahit

Editor: kairos author photo

Ragam faktor pemicu mulut terasa pahit. foto | pixabay

 

KAIROS - ANDA mungkin pernah atau bahkan sering merasakan mulut terasa pahit. Padahal Anda tidak sedang sakit? Nah, mengapa hal itu bisa terjadi? Ketahuilah berbagai kondisi penyebab mulut terasa pahit itu.

Sekadar diketahui, lidah dan bagian mulut lainnya dilengkapi dengan reseptor yang dapat mengenali rasa manis, asin, asam, atau pahit. 

Sejumlah orang memang ada yang memiliki sensitivitas terhadap rasa pahit yang lebih besar dibanding orang lain. 

Ada pun penyebabnya bisa terjadi akibat (mungkin) Anda lebih sensitif terhadap senyawa pahit (phenylthiocarbamide).

Istilah medis ini merupakan gangguan mulut penyebab perubahan rasa. 

Kalau Anda mengalami mulut terasa asam, mulut terasa manis, terasa seperti logam, maupun pahit ternyata banyak hal penyebabnya.

Menurut Michael Rabovsky, MD, dokter Cleveland Clinic, sebenarnya Anda tak perlu terlalu khawatir kondisi ini. Terlebih jika hal ini tak berbarengan dengan gejala penyakit lainnya. 

BACA PULA | Tanpa Obat, 9 Cara Praktis Turunkan Asam Lambung

Nah, ini biasanya efek sementara yang terjadi akibat konsumsi obat atau terapi medis lainnya.

Nah, gangguan mulut ini juga dapat terjadi jika Anda sedang menderita infeksi mulut misalnya pada gigi dan gusi atau punya riwayat asam lambung.

Jadi inilah penyebab mulut Anda (sering) terasa pahit:

1. Faktor kebersihan gigi

Kalau Anda kurang menjaga kebersihan gigi, inilah salah satu faktor penyebabnya. 

JUGA DIBACA | Penting Sikat Gigi 2 Kali Sehari, Jangan Pernah Sepelekan!

Jika Anda malas menyikat gigi sama dengan Anda mengumpulkan bakteri dan kuman yang menumpuk dalam rongga gigi dan mulut.

2. Mulut kering

Xerostomia alias mulut kering memang sering terjadi. Kondisi ini terjadi akibat kelenjar saliva tak mampu menghasilkan air liur yang cukup.

Kebiasaan buruk, seperti merokok dan minum alkohol ternyata meningkatkan risiko Anda mengalami mulut kering. Jika dibiarkan berlarut-larut, bisa meningkatkan risiko pembusukan gigi hingga infeksi jamur. Duh!

3. Rasa Sensasi Panas atau Terbakar

Sensasi panas dan terbakar (Burning mouth syndrome) berpengaruh terhadap rongga mulut. Kondisi ini mengakibatkan penurunan fungsi indera pengecap atau mulut terasa pahit.

4. Gangguan asam lambung

Mulut terasa pahit berkaitan dengan mual dan muntah (refluks). Biasanya ini terjadi lantaran asam lambung yang naik (gastroesophageal refluks disease) yang disingkat istilah medis GERD.

Faktor penyebab utamanya: konsumsi makanan berlebih, makanan pedas, konsumsi makanan tidak tepat waktu, serta faktor stres. 

5. Hormon saat hamil

Seorang wanita hamil bakal sering mengalami hal ini. Ini terjadi lantaran peningkatan atau penurunan kadar hormon estrogen yang tidak seimbang. 

ARTIKEL LAINNYA | Hati-hati, Ini Penyebab Ibu Hamil tak Kuat Berdiri Lama

Hal lainnya bisa diakibatkan siklus haid yang tidak teratur.

6. Kurvit alias Kurang Vitamin dan mineral 

Tanpa kita sadari tubuh kita sangat butuh vitamin dan mineral yang porsinya cukup. vitamin dan mineral ini penting menjaga kesehatan secara keseluruhan.

7. Efek samping obat-obatan

Kalau kini Anda sedang mengonsumsi obat-obatan atau suplemen apa saja, kemungkinan besar inilah penyebabnya. Namun mulut pahit akibat efek samping obat-obatan itu, biasanya bersifat sementara.

Semoga info ini bermanfaat.

sumber\foto | ayobandung\pixabay

reporter | mey

Share:
Komentar

Berita Terkini