Ini Teknik Memasak Nasi di Rice Cooker Secara Benar

Editor: kairos author photo

 

Beberapa cara yang salah memasak nasi. foto | nakita.grid

KAIROS - MESKI mudah dan simple, tapi tak semua orang bisa memasak nasi (pakai rice cooker) secara benar loh. Kesalahan memasak nasi memengaruhi tekstur dan rasa. 

Setidaknya 5 kesalahan memasak nasidi rice cooker.

1. Mestinya Beras dicucui berulang kali 

Mencuci beras dengan air dingin jadi syarat utama, tapi ini harus dilakukan berulang kali. Tujuannya agar saat dimasak hasil nasinya tak lengket. Pastikan air cucian beras itu sudah tak keruh.

2. Tak sesuai takaran airnya

Terlalu sedikit air, efeknya nasi bakal menjadi keras. Sedangkan takaran air terlalu banyak bikin nasi lembek bak bubur. Sebaiknya gunakanlah gelas takaran air agar lebih tepat. Umumnya, air yang dibutuhkan, dua kali lebih tinggi dari takaran beras.

3. Jangan Pakai Metode Knuckle

Sampai sekarang, metode turun temurun ini ternyata masih sangat berguna. Setelah beras dan air masuk ke dalam rice cooker gunakan jari tangan untuk menakar. Tinggi air harus sekitar satu ruas telunjuk.

4. Memasak segala beras dengan cara Serupa

Setiap nasi itu butuh cara berbeda. Berbeda dengan nasi putih yang cukup 30 menit saja, nasi merah atau coklat membutuhkan waktu lebih lama yaitu sekitar 45-60 menit. Lalu untuk nasi beraroma seperti jasmine atau basmati perlu didiamkan 30 menit sebelum dimasak agar tak perlu waktu lama di rice cooker dan aromanya tetap terjaga.

5. Jangan Aduk nasi setelah matang

Agar tekstur nasi menjadi lebih optimal lebih baik tunggu 10 menit. Ini penting agar ketika membuka rice cooker setelah nasi matang. 

Kemudian, aduk nasi dengan garpu. Ini juga penting agar nasi tak lengket dan nasi di bagian bawah tak kering.

reporter | yey

sumber | 

Share:
Komentar

Berita Terkini