Kesaksian Mbak Munana: Air Kelapa 'Musuh' Wasir (Ambeien)

Editor: kairos author photo

 

Air kelapa (muda) ampuh mengatasi wasir (ambeien). foto | dokumen KAIROS

KAIROS - MBAK Munana kerap merasa gatal, ngilu, dan nyeri di anus setiap ke “belakang”. Semula perempuan asal Desa Sine, Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi, Provinsi Jawa Timur, itu menganggap kejadian biasa. 

Namun, pengalaman tidak mengenakkan itu terus berlanjut. Munana pun memeriksakan diri ke dokter terdekat. Hasil pemeriksaan menunjukkan Munana mengidap wasir atau ambeien.

TOPIK SERUPA | Air Kelapa Muda vs Air Kelapa Tua, Sehat Mana?

Seorang dokter di RS dr Soedjono, Magelang, Jawa Tengah, dr Guntur Heri Putranto mengatakan wasir pelebaran pembuluh darah vena di dalam pleksus hemorrhoidalis pada anus. Sebutan lain wasir yaitu hemoroid. Wasir yang membesar disertai dengan benjolan (prolaps) melalui anus. 

Benjolan itu keluar waktu buang air besar (BAB) dan spontan masuk kembali usai buang hajat. Kondisi pasien semakin buruk jika penonjolan terinfeksi dan menimbulkan nyeri serta pendarahan.

Probiotik

Menurut Guntur Heri Putranto faktor risiko wasir yaitu keturunan, pekerjaan, umur, dan radang. Pola makan masyarakat yang rendah serat pun memicu wasir. 

BACA PULA | Minuman Ajaib itu Bernama Air Kelapa, Nih 5 Manfaatnya

“Banyak pekerja yang hanya mengutamakan rasa kenyang daripada gizi makanan,” kata Guntur. Dampaknya susah buang air sehingga harus mengejan agar feses keluar. Itu memicu pembuluh darah pada anus—pleksus hemorrhoidalis—merenggang dan membesar.

Bila terjadi terus-menerus pembuluh darah tidak dapat kembali ke bentuk semula. Akhirnya terjadi penonjolan hemoroid yang tidak dapat dimasukkan lagi ke dalam anus. 

Sudah 'Bersahabat' Selama 11 Tahun

Perempuan hamil dan penderita obesitas pun dapat mengalami kejadian itu. Penanganan medis penderita hemoroid tergantung tingakatannya (Lihat ilustrasi Tahapan Wasir). Dokter menyarankan mengonsumsi sayur dan buah berkadar air tinggi kepada pasien hemoroid stadium I dan II. Tujuannya memperlancar BAB sehingga tidak perlu mengejan berlebihan.

Munana selama ini sudah 'berteman' dengan wasir selama 11 tahun. Duh! 

''Kondisi paling parah ketika benjolan wasir sebesar penutup gelas menonjol,” kata Munana. 

Sebenarnya berbagai tempat dia kunjungi untuk mendapatkan kesembuhan. Tapi ibarat pepatah 'bagai jauh api dari panggang' begitulah kondisinya.

ARTIKEL LAINNYA | Minum Air Kelapa Saat Hamil Bikin Bayi Lahir Bersih, Benarkah?

Nah, sekitar tahun 2014 seorang teman menganjurkan Munana mengonsumsi produk kesehatan berbahan fermentasi air kelapa, madu, susu, dan rimpang kunyit putih. 

Semula dia ragu karena mengira produk herbal itu sama dengan obat lain. Berharap kesembuhan Munana pun akhirnya menenggak minuman herbal itu 3 kali sehari. Dua pekan pascakonsumsi ngilu dan nyeri akibat wasir berkurang.

Ukuran wasir pun mengecil hingga sebesar biji jagung. Munana pun makin yakin dengan khasiat produk kesehatan itu dan tetap mengonsumsi hingga sembuh. 

Bagaimana mekanisme produk kesehatan itu mengatasi wasir? Menurut Guntur produk herbal yang Munana konsumsi mengandung probiotik seperti Lactobacillus sp. Terdapat dua mekanisme yang mungkin terjadi sehingga wasir teratasi.

Pertama semua bahan yang terkandung melancarkan pencernaan dan menjaga keseimbangan flora alami usus. Dampaknya sekresi lancar sehingga tinja lebih lembut dan mudah keluar. 

Artinya Munana terhindar dari konstipasi dan ambeien yang ia derita berangsur membaik. Mekanisme kedua gabungan herbal itu berperan sebagai antiradang dan mencegah terjadinya pembekuan darah pada kondisi ambeien.

Menurut herbalis di Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, Mardi Juanda, produk yang dikonsumsi Munana unik karena memadukan fermentasi air kelapa, madu, susu, dan kunyit putih. 

Madu bersifat tonik sehingga bagus untuk memperkuat dan menyegarkan tubuh. Probiotik baik bagi usus dan pencernaan. 

Dudi—begitu Mardi Juanda disapa akrab—mengatakan banyak orang yang salah menyebut kunyitputih.

“Jika yang dimaksud temuputih yang berbentuk rimpang, berfaedah sebagai antinyeri. Sementara jika yang dimaksud kunyitputih, berfaedah mengatasi benjolan akibat kanker atau tumor,” kata pria yang kerap memotivasi konsumsi herbal di Taman Sringanis, Bogor, Jawa Barat itu. 

Lebih lanjut ia mengatakan minuman fermentasi probiotik air kelapa kaya faedah. Misal mengatasi keracunan makanan.

Faedah lain air kelapa yakni menurunkan suhu tubuh saat demam. Selain produk kesehatan itu, pria asal Bogor, Jawa Barat, itu menyarankan pasien mengonsumsi daun ungu atau handeleum untuk meredakan wasir. Keruan saja untuk mencegah wasir, konsumsi pangan kaya serat sebuah keharusan. 

sumber\foto | trubus\dokumen KAIROS

reporter | yey

Share:
Komentar

Berita Terkini