Mengenal Osteoporosis, Perlu Pola Hidup Sehat Sedari Muda

Editor: kairos author photo

 

Perlu sedari awal menerapkan pola hidup sehat. foto ilustrasi | pixabay

KAIROS - POLA hidup sehat dari usia muda memiliki banyak manfaat bagi kesehatan secara keseluruhan. Salah satunya mengindari risiko osteoporosis.

Dengan memiliki tulang yang sehat, Anda bisa terhindar dari risiko osteoporosis di usia tua.

dr. Omar Lutfi, Sp.OT, seorang dokter spesialis Orthopedi dan Traumatologi dari Universitas Indonesia mengatakan agar tulang kuat harus dijaga saat usia muda dengan kecukupan nutrisi, kalsium, vitamin D.

BACA PULA | Simak Tips Hidup Sehat Agar Anda tak Mudah Sakit

“Kemudian dijaga dengan sering berolahraga dan menghindari faktor-faktor lainnya yang bisa menyebabkan osteoporosis. Misalnya merokok, minum alkohol, itu kebiasaan yang kurang baik dan bisa membuat tulang keropos,” kata dr Omar dikutip dari Talk to the Expert yang digelar Spine Center RS Premier Bintaro, Jumat (3/9/2021) lalu.

Perlu Menabung Tulang

Sejak usia muda sampai 30 tahun-an, setiap orang disarankan untuk menabung tulang. 

Pasalnya, dengan beraktivitas yang bagus, makan yang bagus, kepadatan tulang akan tinggi.

BACA SELENGKAPNYA | Mulailah Berjalan Kaki Minimal 2.000 Langkah

Dokter yang tergabung dalam Perhimpunan Dokter Spesialis Orthopaedi & Traumatologi Indonesia (PABOI) itu menjelaskan puncak kepadatan tulang terjadi saat seseorang berusia 20 tahun-30 tahun dan akan berkurang setelah usia 35 tahun.

"Setelah diatas usia 35 tahun biasanya kepadatan tulang akan mulai berkurang. Tetapi bila saat muda kepadatannya bagus, pada umumnya ketika tua kita tabungannya masih banyak," jelas dr Omar.

Sementara itu, merokok dan minum alkohol tidak hanya berpengaruh pada kepadatan tulang tapi juga bisa meningkatkan risiko saraf terjepit.

ARTIKEL LAIN | Mau Sehat Sampai Tua, Lakoni 4 Aktivitas Pagi Ini

“Merokok sangat signifikan mempengaruhi kepadatan tulang, kemudian saraf terjepit karena bantalan tulang yang rusak itu juga faktor dari merokok salah satunya,” tutup dr Omar.

sumber\foto | sindonews

reporter | yey


Share:
Komentar

Berita Terkini