Pas untuk Penderita Diabetes, Ini 5 Sayuran Penurun Gula Darah

Editor: kairos author photo

 

Brokoli, salah satu sayuran yang ampuh turunkan gula darah. foto | pixabay 

KAIROS - PENDERITA diabetes sangat memperhatikan asupan makanan setiap harinya. Mereka disarankan mengurangi konsumsi gula karena dapat memperburuk kondisi kesehatannya.

Tapi, gula tetap dibutuhkan penderita diabetes untuk menyeimbangkan kesehatan. Catatan penting yang harus dipahami adalah memastikan kadar konsumsi gula hariannya terjaga dengan baik dan sesuai dengan anjuran dokter.

Ya, masih ada beberapa sayuran yang boleh dikonsumsi penderita diabetes karena kandungan gulanya rendah dan ini memberi manfaat baik sebagai penurun gula darah.

BACA PULA | 4 Tips Awasi Diabetes agar Terhindar Ancaman Covid-19

Dikutip dari laman Healthline, Rabu (1/9/2021), berdasarkan review dari Dokter Grant Tinsley, berikut beberapa sayuran yang dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh dan sangat bisa dikonsumsi penderita diabetes dengan takaran yang tidak berlebihan.



1. Brokoli

Brokoli yang dicincang menghasilkan zat aktif bernama Sulforaphane yang memiliki sifat penurun gula darah. Tidak hanya dicincang, brokoli yang dikunyah pun mengeluarkan zat aktif itu.

SIMAK JUGA | Hindari Sarapan Pagi: Kopi + Gorengan, Bahaya!

"Studi mengungkapkan bahwa ekstrak brokoli kaya akan sulforaphane yang memiliki efek antidiabetes yang kuat, membantu meningkatkan sensitivitas insulin, dan mengurangi gula darah, serta penanda stres oksidatif," terang laporan itu.

Labu. foto | pixabay


2. Labu

Sayuran yang satu ini memiliki warna terang dan kaya akan serat. Labu dianggap pangan sehat untuk pengaturan gula darah. Orang Meksiko dan Iran menggunakan labu sebagai obat alami diabetes.

"Labu kaya akan karbohidrat yang disebut polisakarida yang telah terbukti mampu mengatur kadar gula dalam darah. Studi membuktikan bahwa labu dapat signifikan menurunkan kadar gula dalam darah pada penelitian manusia maupun hewan," jelas laporan itu.

3. Okra

Di Turki, biji okra telah lama digunakan untuk obat alami mengatasi diabetes karena sifat penurun gula darahnya yang kuat. Tidak hanya itu, okra juga diketahui mengandung isoquercitrin 3-O-gentiobioside yang membantu mengurangi gula dalam darah dengan menghambat enzim tertentu.

4. Kimchi

Penganan khas Korea ini juga diketahui bagian dari sayur yang dipercaya dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Asinan kubis ini kaya akan antioksidan, probiotik, hingga mineral yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

SELENGKAPNYA BACA | Inilah Manfaat Daun Melinjo untuk Kesehatan Tubuh

"Sebuah penelitian terhadap 21 orang dengan prediabetes menemukan bahwa makan kimchi yang difermentasi selama 8 minggu meningkatkan toleransi glukosa pada 33 persen peserta. Sementara hanya 9,5 persen peserta yang mengonsumsi kimchi segar menunjukkan peningkatan toleransi glukosa tersebut," terang laporannya.

5. Daun kale

Guna membuktikan daun kale ini baik untuk penderita diabetes, penelitian dilakukan di Jepang dengan melibatkan 42 orang dewasa. Hasilnya menunjukkan bahwa 7 atau 14 gram makanan yang mengandung daun kale dan berkarbohidrat tinggi, secara signifikan menurunkan kadar gula darah setelah makan, dibanding kelompok plasebo.

"Penelitian lain juga sudah membuktikan bahwa antioksidan dan flavonoid yang terkandung di kale, termasuk quercetin dan kaempferol, memiliki efek penurunan gula darah dan sensitivitas insulin yang kuat." 

sumber | okezone\spiritriau\okezone 

reporter | yey

Share:
Komentar

Berita Terkini