Tidur Malam Lampu Menyala, Ternyata Berbahaya, Nih 5 Dampaknya!

Editor: kairos author photo

 

Tidur dengan kondisi lampu menyalah di ruangan, ternyata berbahaya bagi kesehatan. foto | pixabay

KAIROS - MUNGKIN  Anda salah satu orang yang kebiasaan lampu menyala saat tidur malam karena berbagai alasan, seperti takut kegelapan.

Lampu menyala saat tidur malam mungkin dianggap bukan suatu kebiasaan buruk. Sejauh ini, banyak orang mengira lampu menyala saat tidur malam akan membuat mata silau atau udara kamar lebih panas.

Tapi, tak banyak yang tahu bahwa lampu menyala saat tidur malam bisa berdampak buruk pada kesehatan. 

BACA JUGA | Simak Cara Agar Tidur Siang Efektif, Segarkan Pikiran

Berikut ini beberapa dampak buruk lampu menyala saat tidur malam.

1. Membahayakan kesehatan reproduksi

Satu studi menemukan paparan cahaya buatan di malam hari bisa meningkatkan risiko infertilitas.

Studi ini telah mencoba tikus betina yang tidur dengan lampu menyala di malam hari cenderung tidak subur.

Para peneliti pun mempercayai bahwa ritme sirkadian mempengaruhi waktu proses reproduksi pada wanita.

TOPIK TERKAIT | Jangan Salah, Ini Durasi Tidur Siang yang Ideal

Studi lain memantau perawat yang bekerja shift malam dan efek paparan cahaya malam hari. Ternyata sebagian besar perawat mengeluh siklus menstruasi mereka terganggu.

2. Masalah jantung

Melatonin tidak hanya menurunkan suhu tubuh, tetapi juga tekanan darah. Jika Anda terkena cahaya di malam hari, produksi melatonin Anda ditekan.

Akibatnya, tekanan darah Anda akan meningkat. Pada akhirnya, fluktuasi yang teratur bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

3. Berat badan bertambah

Kelebihan cahaya buatan di malam hari bisa menjadi penyebab metabolisme melambat. Selain itu, gangguan tidur dan ritme sirkadian bisa menyebabkan obesitas.

Sebuah penelitian yang memantau lebih dari 43.000 wanita mengungkapkan bahwa mereka yang tidur dengan TV menyala mengalami kenaikan berat badan. Perubahan terjadi terlepas dari kualitas atau durasi tidur mereka.

4. Perubahan hormonal

Satu sumber cahaya bisa mengubah keseimbangan hormonal. Cahaya dari smartphone, TV, atau komputer berkontribusi terhadap defisiensi melatonin.

Selain itu, proses biologi lainnya terganggu, seperti melatonin. Tidur yang terganggu bisa meningkatkan hormon Penuaan dan mengurangi hormon anti-Penuaan.

5. Depresi

Sebuah penelitian menemukan bahwa paparan cahaya di malam hari meningkatkan risiko depresi. Karena, gangguan ritme sirkadian bisa menyebabkan masalah depresi.

JUGA DIBACA | Ternyata, Ini Jam Tidur Malam yang Ideal dan Terbaik

Itu tadi ulasan dampak buruk dan lima efek lampu menyala saat tidur malam dinukil Himedik.com. Semoga bermanfaat.

sumber\foto | ayobandung\Bright Side

reporter | yey

Share:
Komentar

Berita Terkini