Tips Turunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami, Tanpa Obat

Editor: kairos author photo

 

Mendengar musik, salah satu cara alami menurunkan tekanan darah tinggi. foto ilustrasi himedik| 

KAIROS - TEKANAN darah tinggi sering bikin kondisi berbahaya yang bisa merusak jantung. Akibatnya, bisa tiba-tiba fatal. Secara global, hampir 1 miliar orang di dunia menderita kondisi seperti ini. 

Tekanan darah yang tidak terkontrol jelas-jelas bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. 

TOPIK SERUPA | Mengenal dari Dekat tentang Penyakit Jantung Koroner

Namun ada beberapa hal yang bisa dikerjakan agar tekanan darah turun secara alami tanpa obat. 

Berikut ini cara alami itu seperti dikutip dari Medical News Today dilansir Kompas:

> Jalan kaki dan olahraga secara teratur 

Olahraga dan berjalan secara teratur membantu menurunkan tekanan darah tinggi. 

Olahraga bikin jantung lebih kuat dan lebih efisien dalam memompa darah sehingga menurunkan tekanan darah.

Berjalan kaki 30 menit per hari dipercaya bisa menurunkan tekanan darah tinggi yang sedang Anda alami. 

> Kurangi asupan garam 

Dari pelbagai penelitian, asupan garam yang tinggi bisa meningkatkan tekanan darah tinggi dan serangan jantung serta stroke. 

Disarankan, ganti makanan olahan dengan makanan segar dan bumbu rempah-rempah daripada garam. 

> Perbanyak makan (makanan) kaya kalium 

Makanan kalium, makanan yang mengandung mineral penting yang dapat membantu tubuh membuang natrium dan mengurangi tekanan pada pembuluh darah.

BACA PULA | Cek Darah Tinggi, Usia di Atas 20 Tahun Wajib Tes Kolesterol

Memperoleh keseimbangan kalium dan natrium yang lebih baik saat sedang diet, lebih baik fokus pada makan makanan segar dan utuh. 

Makanan tinggi kalium dimaksud meliputi: kentang, Sayuran, terutama sayuran hijau, tomat, dan ubi jalar. Buah, termasuk jeruk, melon, pisang, alpukat, dan aprikot produk susu, seperti susu dan yogurt tuna dan salmon Kacang-kacangan dan biji-bijian kacang polong 

> Dengar Musik untuk Mengelola stres 

Cara lain menurunkan tekanan darah tinggi, mengelola stres seperti mendengarkan musik. 

Soalnya, stres salah satu biang yang memicu tekanan darah tinggi. 

Sejumlah peneliti mengeksplorasi bagaimana mengurangi stres untuk membantu menurunkan tekanan darah. 

> Berhentilah merokok 

Merokok, salah satu kebiasaan yang menjadi faktor risiko menyebabkan penyakit jantung. 

Kepulan-kepulan asap rokok itu memicu tekanan darah melonjak. 

JUGA DIBACA | Ini Tips Menjaga Kesehatan Jantung Anda

Apalagi bahan kimia dalam tembakau itu diketahui merusak pembuluh darah. 

Jadi, karena merokok dan tekanan darah tinggi meningkatkan risiko penyakit jantung, disarankan segera berhenti merokok ini untuk mengurangi risiko itu. 

> Kurangi konsumsi gula 

Kian banyak penelitian yang menghubungkan antara gula dan tekanan darah tinggi. Sebuah studi menunjukkan wanita yang minum satu gelas teh manis per hari memiliki tingkat yang lebih tinggi dibandingkan mereka yang minum lebih sedikit teh manis per harinya.

sumber | kompas\himedik

reporter | yey

Share:
Komentar

Berita Terkini