Air Cucian Beras, Jangan Buang Dulu! Cek Sejumlah Manfaatnya

Editor: kairos author photo

 

Air cucian (bekas rendaman) beras banyak manfaatnya. foto | riausky

KAIROS - AIR cucian (rendaman) beras alias air tajin sering kali terbuang begitu saja ketika orang selesai membersihkan beras. Namun tanpa disadari, sebenarnya ada ragam manfaat kesehatan yang juga ikut terbuang bersama dengan air tajin itu.

Sekilas, air tajin memang tampak seperti air keruh yang kotor. Tak heran bila banyak orang membuangnya karena berpikir bahwa air dimaksud tak berguna lagi.

Padahal, di dalam air tajin terdapat banyak nutrisi esensial yang dapat memberikan manfaat kesehatan. 

Ragam Manfaat Air Tajin

Berikut ini adalah 5 manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari air tajin.

Menyehatkan dan mempercantik rambut

Cleveland Clinic mengungkapkan air tajin kaya akan antioksidan yang berperan dalam peremajaan rambut, inositol. Air tajin juga kaya akan magnesium, zinc, vitamin B dan vitamin E.

Zat-zat gizi ini juga dapat memberikan manfaat bagi rambut. Akan tetapi, penggunaan air tajin untuk rambut sebaiknya dihindari bila sedang mengalami peradangan.

Memperlancar pencernaan

Air tajin juga kaya akan kandungan serat. Serat dikenal sebagai komponen yang dapat menyehatkan pergerakan usus dan mencegah sembelit.

Menambah energi

Minum segelas penuh air tajin dapat membantu orang yang sedang mengalami keletihan atau kelelahan kronis. Segelas air tajin juga bisa menjadi minuman pemberi energi di pagi hari. Air tajin ini dapat dibuat dari merendam nasi yang sudah matang.

Membantu memperlambat penuaan

Ada asam amino, mineral, dan antioksidan yang bisa didapatkan dari air tajin. Beragam kandungan ini memiliki manfaat antipenuaan bagi kulit. Penggunaan air tajin dapat membantu menjaga elastisitas kulit untuk mencegah kerut.

Menghidrasi

Dengan kandungan mineralnya, air tajin dapat menjaga keseimbangan elektrolit tubuh. Selain itu pula, minum air tajin juga dapat membantu menjaga hidrasi tanpa kehilangan nutrisi esensial.

Pada pasien diare yang kehilangan banyak cairan, air tajin juga dapat membantu. Namun, konsultasikan terlebih dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi air tajin saat diare.

sumber\foto | republika\Times Now New\riausky

reporter | yey

Share:
Komentar

Berita Terkini