Begini Cara Memutihkan Wajah dengan Beras

Editor: kairos author photo

 

Air pencucian beras ternyata mampu memutihkan wajah. foto | jpnn

KAIROS - RAGAM cara memutihkan wajah, terutama dengan menggunakan beras. Selain berguna sebagai makanan pokok untuk memberi asupan energi dan nutrisi, beras juga bisa dimanfaatkan untuk kecantikan. 

Ini lantaran beras mengandung banyak nutrisi serta antioksidan yang juga baik untuk kulit. 

Penasaran untuk mencobanya, simak tips berikut ini?

Khasiat beras untuk kulit telah dikenal dan digunakan sejak zaman dulu, terutama di daerah Asia, seperti Tiongkok, Korea, India, dan Jepang. Kini, beras juga banyak dijadikan sebagai bahan aktif dalam produk perawatan kulit wajah. Ini karena beras kaya akan vitamin B, vitamin E, zinc, dan antioksidan yang baik untuk kulit wajah.

Beberapa penelitian juga menyatakan bahwa ekstrak beras memiliki efek anti-aging, yang dapat digunakan untuk mengatasi flek hitam, memperhalus tampilan kerutan, dan memperbaiki kerusakan kulit.

Memutihkan Wajah dengan Beras

Berkat kandungan yang ada di dalamnya, beras bermanfaat untuk membuat kulit tampak lebih putih, cerah, dan bersih. Berikut adalah cara memutihkan wajah dengan beras:

1. Mencuci wajah dengan air rendaman beras

Rutin membasuh muka dengan air beras dapat memutihkan, menenangkan dan memperbaiki kulit wajah yang rusak.

Rendamlah beras dengan air bersih selama sekitar 30 menit, lalu saring. Jangan lupa untuk menekan-nekan beras ketika disaring dengan sendok supaya ekstraknya keluar. Setelah itu, dinginkan air rendaman beras di kulkas.

Sebelum digunakan untuk wajah, campurkan air rendaman tersebut dengan air bersih.

2. Cuci wajah dengan air rebusan beras

Air rebusan beras atau air tajin juga bisa dimanfaatkan sebagai toner alami wajah. Air rebusan beras mengandung beragam nutrisi, seperti vitamin dan mineral, serta antioksidan yang baik untuk mencegah dan membantu mengatasi keriput di kulit dan menghilangkan flek hitam akibat penuaan.

Tak hanya itu, air rebusan beras juga baik untuk mengatasi kulit kering dan menjaga kelembapan kulit.

Cara menggunakan air rebusan beras untuk memutihkan dan membersihkan kulit cukup mudah. Anda hanya perlu mencuci beras, lalu ambil airnya. Setelah direbus selama kurang lebih 10 menit, diamkan air beras hingga dingin. Setelah itu, Anda bisa menggunakan air tersebut pada wajah.

3. Membuat scrub wajah dari tepung beras

Cara memutihkan wajah dengan beras yang kedua adalah membuat scrub wajah dari tepung beras. Tepung beras adalah salah satu bahan alami yang baik untuk membersihkan dan mengangkat sel kulit mati (eksfoliasi) dan memperhalus tekstur permukaan kulit.

Untuk membuatnya, Anda hanya perlu mencampurkan 2−3 sendok teh tepung beras, ½ cangkir susu, dan 3 sendok makan minyak zaitun. Setelah itu, oleskan scrub tepung beras pada wajah dan diamkan selama 20 menit. Lalu, gosok wajah dengan lembut dan bilas dengan air hangat.

Agar hasilnya maksimal, disarankan untuk menggunakan scrub tepung beras sebanyak 2 atau 3 kali seminggu.

4. Gunakan toner wajah dari air beras dan air lemon

Selanjutnya, Anda juga bisa menggunakan air beras yang dicampur dengan air lemon sebagai toner untuk memutihkan wajah. Cara membuat toner ini cukup mudah, yaitu:

> Rendam ½ cangkir beras ke dalam 1 cangkir air hangat semalaman.

> Besoknya, saring air beras dan tambahkan 3 sendok makan air lemon.

> Masukkan campuran tersebut ke dalam kulkas, lalu diamkan selama 1 jam.

> Toner siap untuk digunakan pada wajah.

Untuk menerapkannya, kamu dapat menggunakan kapas. Basahi kapas dengan toner dan usapkan secara merata ke seluruh permukaan wajah. Diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air.

5. Membuat masker dari campuran tepung beras, oats, susu, dan madu

Masker wajah yang terbuat dari campuran tepung beras, oats, susu, dan madu berkhasiat untuk membersihkan pori-pori dan menghilangkan noda atau flek hitam pada wajah. Madu dan oats juga bisa membantu mengatasi jerawat.

Anda bisa membuat masker pemutih wajah alami ini dengan langkah berikut:

> Campurkan 1 sendok makan tepung beras, 1 sendok teh oats, 1 sendok teh susu, dan 1 sendok teh madu.

> Aduk hingga rata, lalu oleskan masker ke seluruh wajah dan diamkan selama 10−15 menit.

> Bilas masker hingga bersih.

> Lakoni perawatan ini 2 atau 3 kali seminggu untuk memperoleh hasil yang optimal.

Penting untuk diingat, 5 cara memutihkan wajah dengan beras itu tak bisa memberikan hasil yang instan. Makanya, untuk mencerahkan dan memutihkan wajah, kamu perlu melakoninya secara rutin dan konsisten.

sumber\foto | alodokter\jpnn

reporter | yey

Share:
Komentar

Berita Terkini