Belum Makan Tapi Ngopi, Aman Atau Tidak Sih?

Editor: kairos author photo

  

Seorang wanita sedang menikmati secangkir kopi. foto | True

KAIROS - SUDAH tahukan Anda bahwa minum kopi sebelum makan adalah kebiasaan yang tidak baik? Alamak! Tapi untuk mengetahui lebih jauh, sebaiknya simak penjelasan berikut ini!

Kopi, salah satu jenis minuman yang cukup banyak digemari masyarakat. Kopi pun juga banyak diminum setelah bangun tidur. 

Ada pula yang mengatakan bahwa meminum kopi bisa meningkatkan motivasi dan semangat untuk menjalani hari. 

Namun, sudah tahukah Anda bahwa minum kopi sebelum makan merupakan kebiasaan yang tidak baik? Berikut penjelasannya!

Kopi yang diminum sesaat sesudah bangun atau ketika perut sedang kosong ternyata bukanlah kebiasaan yang baik. Ide ini bisa menyebabkan berbagai resiko kesehatan. Oleh sebab itu, ada baiknya Anda mengetahui cara minum kopi yang benar agar tepat guna dan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan.

Alasan Harus Menghindari Minum Kopi Sebelum Makan

Minum kopi sebelum makan bukanlah ide yang baik untuk dilakukan setiap hari. Kebiasaan ini bisa mengganggu kesehatan tubuh. Beragam resiko gangguan kesehatan bisa terjadi pada seseorang yang melakukan kebiasaan ini terlebih jika kopi diminum dalam jumlah berlebihan.

Penyakit GERD atau asam lambung juga bisa terjadi bagi mereka yang meminum kopi dalam keadaan perut masih kosong. Kopi bisa merangsang tubuh memproduksi asam lambung ketika diminum, terlebih dalam keadaan perut kosong.

Disamping itu, kandungan kafein juga mampu menjadikan esofagus bawah melemah. Kondisi seperti ini bisa meningkatkan resiko terjadinya gejala asam lambung seperti mudah kenyang, mual, sering bersendawa, kesulitan menelan dan panas pada bagian dada.

Meningkatkan Resiko Dehidrasi

Apabila Anda sedang mengalami stess, ada baiknya untuk menghindari konsumsi terlalu banyak kopi, terutama di pagi hari. Dilansir dari Web MD, kafein dalam kopi rentan mengakibatkan kondisi gangguan kecemasan dan bipolar.

Minum kopi dalam perut kosong juga bisa meningkatkan resiko terjadinya dehidrasi. Kondisi ini diakibatkan oleh kandungan kafein yang bisa meningkatkan frekuensi buang air. 

Terdapat beberapa gejala terjadinya dehidrasi yang sebaiknya Anda ketahui, misalnya urine berwarna gelap, elastisitas kulit menghilang, aroma urine menyengat, mengantuk, pusing hingga denyut jantung menjadi lebih kencang namun pastinya tidak seperti orang jatuh cinta.

Nah, itulah penjelasan mengenai apakah minum kopi sebelum makan baik atau tidak. Bagi Anda pecinta kopi, sebaiknya Anda tidak meminumnya dalam keadaan perutyang masih kosong untuk menghindari dampak buruk yang mungkin terjadi. 

Seperti asuransi untuk menjaga kesehatan sebagai gantinya, Anda bisa meminum susu, jahe hangat atau jus buah.

sumber\foto | klikdokter\True

reporter | yey

Share:
Komentar

Berita Terkini