Cukur Bulu Kemaluan atau Ketiak, Muncul Benjolan. Ini Penyebabnya!

Editor: kairos author photo

Kesalahan mencukur bulu ketiak menyebabkan benjolan di sekitarnya. foto | klikdokter

KAIROS - SEORANG wanita mengaku punya benjolan di ketek (red, ketiak) akibat efek mencukur bulu ketek. Benarkah bercukur jadi penyebab benjolan di ketiak? Ini kata dokter.

Mencukur bulu ketiak mungkin menjadi perawatan umum bagi para wanita. Namun, siapa sangka tindakan ini dapat menyebabkan tumor jinak muncul di ketiak. 

Pengalaman tidak menyenangkan ini dialami seorang wanita berusia 26 tahun. Lewat sebuah akun TikTok, diceritakan ia harus menjalani operasi karena ada benjolan di ketiak usai mencukur bulu ketiak

Bagaimana proses mencukur bulu di ketiak dapat menimbulkan benjolan atau tumor jinak? Simak penjelasan dokter berikut ini.

dr Theresia Rina Yunita menjelaskan munculnya benjolan setelah mencukur bulu memang bisa terjadi di area tubuh mana saja. 

Tepatnya ketika mencukur atau menghilangkan rambut di wajah, kepala, kaki, ketiak dan area kemaluan.

“Hal ini bisa disebabkan karena mencukur bulu ketiak yang kurang tepat. Pencukuran yang salah dapat menyebabkan iritasi dan infeksi. Infeksi kelenjar keringat ataupun folikel rambut dapat menyebabkan munculnya benjolan di ketiak,” ucap dr Theresia. 

Penyebab Benjolan di Sekitar Ketek atau Kemaluan

Benjolan kecil atau sebesar kacang polong di bawah ketiak bisa disebabkan beberapa hal, seperti infeksi kulit, kista, atau rambut tumbuh ke dalam (ingrown hair). 

Razor Bumps 

Berikut beberapa macam benjolan di ketiak yang dapat terjadi, khususnya akibat efek mencukur bulu ketiak:

Sebagaimana diberitakan Medical News Today, razor bumps adalah benjolan kecil yang muncul ketika mencukur atau mencabut bulu di area tubuh dengan pisau cukur (razor). Benjolan ini biasanya disebabkan oleh rambut yang tumbuh ke dalam.

Istilah medis untuk razor bumps, pseudofolliculitis barbae. 

Dalam kondisi ini, rambut tumbuh kembali ke dalam kulit, bukan ke atas ataupun luar. 

Setelah menghilangkan rambut dengan mencukur, waxing, atau mencabut, rambut mungkin menggulung dan membelok ke dalam. 

Saat sel-sel kulit baru tumbuh di atas rambut, rambut menjadi terperangkap dan menyebabkan pembentukan benjolan.

Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Umumnya benjolan ketiak sering disebabkan pembengkakan kelenjar getah bening di ketiak. Benjolan getah bening biasanya akan disertai nyeri. 

Sistem limfatik, yang terdiri dari banyak kelenjar kecil dan sistem peredarannya, bekerja di seluruh tubuh dan bertanggung jawab menyaring agen penyebab infeksi. Itu sebabnya kelenjar getah bening rentan terhadap infeksi dan tumor.

Abses atau Bisul

Abses atau bisul adalah benjolan yang diakibatkan oleh infeksi bakteri. Bisul dapat muncul tepat di bawah kulit ketiak, lengan, atau payudara. Munculnya bisul sering diakibatkan efek bercukur. 

Luka kecil di kulit akibat mencukur pun dapat memungkinkan bakteri seperti Staphylococcus atau Streptococcus masuk dan memunculkan benjolan di ketek.  

Kista

Kista, kantung kecil berisi cairan, nanah, udara, atau zat lain yang dapat terbentuk hampir di mana saja di dalam tubuh. 

Kista biasanya disebabkan beberapa bentuk trauma atau iritasi, misalnya dari bercukur, rambut tumbuh ke dalam, atau antiperspirant yang menyumbat pori-pori.

Untuk menghindari munculnya benjolan setelah mencukur, dr. Theresia menyarankan untuk menggunakan alat pencukur steril. 

Pastikan alat cukur tidak digunakan secara bergantian dengan orang lain.

“Lalu, pastikan mencukur sesuai arah pertumbuhan rambut. Pastikan pisau cukur masih tajam, jika tidak maka berisiko terjadi iritasi akibat gesekan. Usahakan ketiak dalam kondisi basah agar memudahkan proses mencukur,” papar dr. Theresia. 

“Pastikan tidak ada luka usai mencukur. Jika terdapat luka, berikan salep antibiotik dan jangan gunakan deodoran terlebih dulu,” lanjutnya. 

Waspadai Benjolan di Sekitarnya

Menurut dr Theresia, munculnya benjolan di ketiak perlu diwaspadai. 

Meskipun kebanyakan tidak membahayakan dan mudah diobati, benjolan baru yang tidak diketahui penyebabnya harus diperiksa dokter, terutama bagi wanita. 

Dilansir dari Healthline, benjolan di bagian bawah lengan dapat menandakan kanker payudara. 

Wanita perlu memeriksa payudara sendiri tiap bulan dan segera periksa ke dokter bila ada benjolan payudara.

Itulah berbagai penyebab benjolan di ketiak akibat mencukur. Jika Anda mengalami hal serupa, segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapat penanganan tepat. Semoga info ini bermanfaat.

sumber\foto | klikdokter

reporter | yey

Share:
Komentar

Berita Terkini